SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerbang masuk Kabupaten Cilacap. (cilacapkab.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terdiri dari 35 kabupaten dan kota dengan luas wilayah mencapai 32.800,69 kilometer (km) per segi. Lantas, 35 kabupaten dan kota itu, manakah daerah yang memiliki wilayah paling luas atau terluas di Jateng.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam buku bertajuk Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2021, kabupaten di Jateng yang memiliki wilayah terluas adalah Kabupaten Cilacap.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat (Jabar) ini memiliki luas wilayah mencapai 2.124,47 km persegi.

Baca juga: Daftar Kabupaten Tersepi di Jawa Tengah, Nomor 1 Separuh Wilayah Hutan

Berikut daftar kabupaten terluas di Jawa Tengah atau Jateng:

1. Cilacap

Kabupaten Cilacap disebut sebagai kabupaten terluas di Jawa Tengah atau Jateng. Total luas wilayah Cilacap bahkan sekitar 6,2% dari total wilayah Jateng.

Luas wilayah Kabupaten Cilacap bahkan tiga kalinya luas wilayah, Singapura, yang merupakan salah satu negara Asia Tenggara. Singapura hanya memiliki luas wilayah sekitar 722,5 km persegi, sedangkan Cilacap sekitar 2.124,47 km persegi.

2. Grobogan

Kabupaten Grobogan memilik luas wilayah mencapai 2.013,86 km persegi. Dengan luas wilayah tersebut, Grobogan pun layak menyandang status sebagai kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah atau Jateng.

Kabupaten yang beribu kota di Purwodadi ini memiliki jumlah penduduk mencapai 1.453.529 jiwa. Meski masuk kategori kabupaten terluas di Jateng, Grobogan juga menyandang predikat kabupaten tersepi keempat di Jawa Tengah.

3. Brebes

Pada urutan ketiga kabupaten terluas di Jawa Tengah atau Jateng ditempati Brebes. Kabupaten Brebes memiliki luas wilayah mencapai 1.902,37 km persegi.

Dengan wilayah yang cukup luas tersebut, wacana pemekaran wilayah pun menggema di Brebes. Bahkan, usulann pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru di Brebes bagian selatan yang meliputi Kecamatan Bumiayu, Salem, Bantar Kawung, Paguyangan, Tonjong, dan Sirampog.

Baca juga: Ini Daerah di Jateng yang Usul Pemekaran Wilayah, Nomor 3 Paling Luas

4. Blora

Kabupaten Blora menempati urutan keempat dalam daftar kabupaten terluas di Jawa Tengah atau Jateng. Kabupaten Blora memiliki luas sekitar 1.804,59 km persegi, dengan jumlah penduduk mencapai 884.333 jiwa.

Selain menjadi kabupaten terluas keempat, Blora juga menyandang predikat sebagai kabupaten tersepi di Jateng berdasarkan kepadatan penduduknya, yakni 490,05 jiwa per km persegi.

5. Wonogiri

Kabupaten Wonogiri berada di wilayah eks-Keresidenan Surakarta atau Soloraya. Dengan luas wilayah 1.793,67 km persegi, Wonogiri pun masuk dalam daftar kabupaten terluas di Jateng.

Wonogiri yang memiliki penduduk sekitar 1.043.576 jiwa ini juga masuk sebagai kabupaten paling lengang atau tersepi di Jateng di posisi kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya