SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerbang atau pintu masuk Kabupaten Blora. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah atau Jateng terdiri dari 35 kabupaten/kota. Dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah atau Jateng itu, ada satu yang dianggap paling lengang atau tersepi.

Berdasarkan buku Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2021 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng pada 26 Februari 2021 lalu, disebutkan daerah terlengang di Jateng adalah Kabupaten Blora.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu mengacu pada kepadatan penduduk di Blora yang berkisar 490,05 jiwa per kilometer persegi. Angka tersebut tergolong paling rendah dibanding 34 kabupaten/kota lainnya di Jateng.

Baca juga: Infografis Sejarah Provinsi Jateng

Berikut lima daerah atau kabupaten tersepi di Jawa Tengah berdasarkan angka kepadatan penduduknya:

1. Blora

Kabupaten Blora memiliki luas wilayah sekitar 1.820,59 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk mencapai 884.333 jiwa. Wilayah Bloa terdiri atas dataran rendah dan perbukitan dengan ketinggian 20-280 meter di atas permukaan laut (dpl).

Separuh wilayah Kabupaten Blora merupakan kawasan hutan, terutama di bagian utara, timur, dan selatan. Dataran rendah di bagian tengah merupakan areal persawahan.

2. Wonogiri

Kabupaten Wonogiri menjadi daerah kedua paling lengang atau tersepi di Jawa Tengah atau Jateng dari segi kepadatan penduduk. Angka kepadatan penduduk di Wonogiri berkisar 581,59 jiwa per km persegi.

Wonogiri memiliki luas 1.822,37 km persegi, dengan populasi mencapai 1.043.576 jiwa. Kondisi alam di Wonogiri sebagian besar terdiri dari pegunungan yang berbatu gamping.

3. Purworejo

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2020, angka kepadatan penduduk di Kabupaten Purworejo mencapai 705,35 jiwa per km persegi. Hal itu membuat daerah yang saat ini tengah menjadi sorotan nasional karena polemik pertambangan batu andesit untuk proyek Bendungan Bener di Desa Wadas itupun menempati urutan ketiga dalam daftar daerah paling lengang atau tersepi di Jateng.

Purworejo memiliki luas wilayah 1.091,49 km persegi, dengan jumlah penduduk mencapai 798.175 jiwa.

Baca juga: Kamu Perlu Tahu! Ini Dia Kabupaten Termuda di Jawa Tengah

4. Grobogan

Grobogan merupakan kabupaten terluas kedua di Jateng, setelah Kabupaten Cilacap. Grobogan memiliki luas 2.022,25 km, dengan jumlah penduduk mencapai 1.453.526 jiwa.

Kendati demikian, angka kepadatan penduduk di Grobogan hanya mencapai 721,76 jiwa per km persegi. Secara geografis, Grobogan merupakan lembah yang diapit dua pegunungan kapur, yakni Pegunungan Kendeng di sisi selatan dan Pegunungan Kapur Utara di bagian utara.

5. Rembang

Di urutan kelima sebagai daerah paling lengang atau tersepi di Jawa Tengah atau Jawa Tengah atau Jateng adalah Kabupaten Rembang. Angka kepadatan penduduk di Kabupaten Rembang berkisar 727,44 jiwa per km persegi.

Kabupaten Rembang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur, sehingga menjadi gerbang sebelah timur Jateng. Luas wilayah Rembang mencapai 1.014,10 km persegi, dengan jumlah penduduk mencapai 635.483 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya