Cerita Bruno Tjahjono, Bangun Planet Surf dari Jogja Kini Punya Puluhan Outlet

Bruno Tjahjono, owner Planet Surf membangun bisnis retail fasyen dari Kota Jogja dan kini berkembang ke seluruh Indonesia.

 Toko Planet Surf yang baru saja diresmikan di Hartono Mall, Sleman, Jumat (21/10/2016). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

SOLOPOS.COM - Toko Planet Surf yang baru saja diresmikan di Hartono Mall, Sleman, Jumat (21/10/2016). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Solopos.com, JOGJA — Salah satu brand produk fesyen yang banyak dijumpai di mal atau pusat perbelanjaan di Indonesia yakni Planet Surf. Siapa sangka, produk fesyen ini ternyata produk lokal dan awal muncul di Kota Jogja.

Posisi kuat Planet Surf di dunia fesyen tanah air tidak terlepas dari tangan dingin owner-nya, Bruno Tjahjono. Dalam mengembangkan usahanya itu diperlukan strategi khusus agar bisnisnya semakin berkembang dan tidak kalah dengan produk lain.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Bruno bercerita masih ingat betul saat pertama kali membangun bisnis ritel fesyen tersebut. Pria kelahiran Singkawang, Kalimantan Barat ini mengatakan outlet Planet Surf yang pertama kali dibuka justru di Kota Jogja. Outlet pertamanya dibangaun di Galeria Mall pada 1997. Bagi Bruno, Kota Jogja menjadi mercusuar munculnya puluhan outlet Planet Surf di Indonesia.

“[Mau buka] Ke Jakarta, Surabaya dan Bali waktu itu tidak bisa karena sudah ada pemain yang menguasai. Akhirnya saya coba ke Jogja, diterima di Galeria Mall dan dapat tempat di pojokan,” kata Bruno di Mall Pakuwon (eks Hartono Mall), pekan lalu.

Baca Juga: PPDB 2022 DIY Diwarnai Masalah, ORI Sebut 270 Anak Kehilangan Hak Masuk ke SMPN

Waktu pertama kali mendirikan outlet di Jogja, ia menyadari perkembangan bisnis apapun di wilayah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah memang tidak segemerlap di Jawa Barat, Jakarta, maupun di Surabaya.

“Saya dikasih tahu alam semesta bahwa filosofi Jawa itu bagus. Saya banyak belajar falsafah Jawa dan saya terapkan dalam membangun bisnis ini. Meski bukan orang asli Jogja, saya punya hubungan emosional dengan Jogja,” kata mantan karyawan PT Astra Indonesia ini.

Bruno mencontohkan bagaimana filosofi Jawa mengajarkan orang untuk tidak perlu takut dalam belajar dan mengetahui inti semesta alam.

Baca Juga: Profesor Samekto Meninggal Terseret Ombak, Tim SAR: Waspadai Arus Balik Laut

Bruno pun tidak lupa dengan Jogja yang memberikan kesempatan awal membuka bisnis ritel tersebut.

“Seperti bahasa Jawa, saya itu disebut kulandalem. Itu menebus inti [bukan kulit] bagaimana alam mengajarkan kita. Banyak filosofi Jawa yang bagus, eling, kembali ke asal dan semacamnya,” ujarnya.

Sukses membuka outlet di Jogja, Bruno mulai mengembangkan bisnisnya ke Semarang kemudian secara bertahap membuka outlet di kota-kota lainnya di Indonesia. Hingga saat ini, total terdapat sekitar 80 outlet Planet Surf.

Baca Juga: Akali Aturan Larangan Jual-Beli Seragam, Sekolah di DIY Raup Untung Rp10 Miliar

“Semua [bisnis] dikelola sendiri, tidak ada yang kami buka dengan menggandeng mitra. Sebab ada standar operasional dalam menjalankan bisnis ini. Kami berjalan pelan tetapi pasti,” katanya.

Kini Punya Seribuan Karyawan

Dalam mengelola bisnis, karyawan menjadi hal terpenting. Bruno mengaku menjadikan para karyawannya sebagai teman. Duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi.

Dia mengajak karyawan seolah-olah memiliki usaha Planet Surf agar bisa terus berkembang. Saat ini, kata dia, ada sekitar 1.000 karyawan yang bergabung dengan Planet Surf.

“Kalau orang ingat asal, maka dia akan terus ingat tujuannya. Mereka tanam apa maka mereka akan menuai apa. Makanya karyawan yang bekerja dengan saya rata-rata dalam jangka waktu lama. Bergabung dengan Planet Surf menjadi sebuah kebanggaan bagi karyawan,” ujarnya.

Begitu juga saat melayani konsumen, karyawannya menerapkan budaya cepat dan tanggap. Mereka menjadikan konsumen sebagai teman dan bukan sebagai raja.

Baca Juga: Asyik, Pemkab Gunungkidul Rencanakan Buka Rute Baru Angkutan Umum ke Jawa Timur

Dengan menjadikan teman, lanjut Bruno, maka karyawan akan lebih respek melayani konsumen.

“Bagi kami, costumer is a friend. Kami lebih takut karena mereka bisa respek sebagai teman. Kalau konsumen sebagai raja kan karyawan seperti mengabdi, ia minta kami kasih. Bagus enggak bagus barangnya dikasih. Kalau konsumen sebagai teman itu lebih dari itu,” katanya.

Hingga akhir tahun ini, Bruno berencana membuka 6-7 outlet lagi di luar Pulau Jawa seperti Sulawesi, Sumatera dan lainnya.

Nama Planet Surf dipilih juga tidak lepas dari filosofi Jawa di mana penamaan sesuatu yang unik bisa mengangkat pasar. Bruno lalu berusaha untuk menciptakan brand awareness dan menunjukkan surf clothing merupakan gaya pakaian yang sedang tren.

“Artinya nama yang disematkan tentu memiliki makna sendiri, punya tujuan sendiri. Begitu juga dengan Planet Surf,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kisah Sukses Planet Surf, Pegang Teguh Filosofi Jawa

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Sakral! Air Siraman Erina Gudono dari 7 Sumber, Salah Satunya Zamzam

      Air siraman yang digunakan Erina Gudono untuk prosesi pernikahan dengan Kaesang Pangarep berasal dari tujuh sumber, salah satunya air zamzam dari Masjidil Haram.

      5 Wejangan untuk Kaesang dan Erina yang akan Membina Rumah Tangga

      Setidaknya ada lima wejangan yang diberikan khusus kepada Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono yang akan membina hubungan rumah tangga.

      Tiba di Rumah Erina untuk Midodareni, Kaesang Diantar Jokowi

      Kaesang Pangarep telah tiba di kediaman Erina Gudono calon istrinya untuk melaksanakan upacara midodareni sebelum keduanya melangsungkan akad nikah Sabtu (9/12/2022).

      Momen Jan Ethes dan Sedah Mirah Bungkukkan Badan untuk Beri Salam ke Awak Media

      Saat melihat rombongan wartawan, Jan Ethes menyatukan kedua telapak tangan di dada. Sejurus kemudian bocah berusia 6 tahun itu membungkukkan badan.

      Detik-Detik Presiden Jokowi Tiba di Kediaman Erina Gudono di Sleman

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan keluarga tiba di kediaman calon menantu, Erina Sofia Gudono, di  Purwosari, Mlati, Sleman, DIY, Jumat (9/12/2022), sekitar pukul 19.00 WIB.

      Jalani Siraman untuk Pernikahan dengan Kaesang, Erina Gudono Sungkem ke Ibunda

      Erina Gudono, calon mempelai putri pasangan pernikahan Kaesang Pangarep, menjalani upacara siraman di rumahnya, di Sinduadi, Mlati, Sleman.

      Jangan Khawatir! Mal Amplaz Tetap Buka saat Akad Nikah Kaesah-Erina

      Ambarrukmo Plaza, mal yang terletak dalam satu kawasan dengan tempat pernikahan Kaesang-Erina dipastikan tetap beroperasi atau buka saat akad nikah putra Presiden Jokowi itu.

      Lengkap, Rangkaian Siraman hingga Midodareni Erina Gudono di Sleman Hari Ini

      Rangkaian siraman hingga midodareni Erina Gudono di Sleman, Jumat (9/12/2022) malam.

      Sri Sultan Pastikan Hadiri Pernikahan Kesang-Erina di Jogja & Solo

      Sri Sultan HB X dipastikan akan menghadiri acara pernikahan Kaesang-Erina baik yang digelar di Jogja maupun Solo.

      Selesai Siraman, Malam Ini Keluarga Presiden ke Rumah Erina untuk Midodareni

      Keluarga Presiden Jokowi akan ke kediaman orang tua Erina Gudono di Sleman untuk acara midodareni dan penyerahan seserahan, Jumat (9/12/2022) malam.

      Warga Sleman Turut Rayakan Nikahan Kaesang-Erina: Bagi Makanan & Gelar Nobar

      Sejumlah warga Yogyakarya menggelar nonton bareng (nobar) prosesi pernikahan Kaesang-Erina, di Gedung Purwosari, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

      Penuh Haru, Ini Jawaban Kedua Kakak Erina Gudono saat Dimintai Izin Langkahan

      Momen haru mengiringi prosesi langkahan Erina Gudono bersama kedua kakaknya di Sleman, Yogyakarya, Jumat (9/12/2022) pagi tadi.

      Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina di Sleman, Tamu Undangan Diangkut Mobil Listrik

      Mobil listrik dari UGM dipergunakan untuk mengangkut tamu undangan maupun tamu VVIP pada pesta pernikahan Kaesang-Erina di Sinduadi, Mlati, Sleman.

      Akad Nikah Kaesang-Erina Digelar di Yogyakarta Besok: Kaesang Naik Kereta Kuda

      Kaesang Pangarep bakal menaiki kereta kuda selepas prosesi akad nikah di Royak Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

      Besok, Tamu Hotel Royal Ambarrukmo Diminta Check In di Atas Pukul 15.00 WIB

      Besok Sabtu (10/12/2022) tamu hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta diminta check in di atas pukul 15.00 WIB untuk menghindari kemacetan karena digunakan sebagai lokasi akad nikah Kaesang-Erina.

      Menteri Basuki dan Pratikno Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang-Erina, Besok

      Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjadi saksi akad nikah Kaesang dan Erina, Sabtu (10/12/2022).