SOLOPOS.COM - Salah satu ruas JJLS di Gunungkidul (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana membuka rute baru angkutan umum ke sejumlah wilayah di Jawa Timur. Nantinya, warga Gunungkidul yang hendak ke Surabaya tidak perlu lewat Kota Jogja.

Pemerintah masih mengakaji pembukaan rute baru tersebut. Rencana ini muncul menyusul perkembangan pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) yang semakin baik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto, mengatakan terus berupaya memberikan kemudahan transportasi untuk masyarakat. Setelah berhasil mengoperasikan bus sekolah, dinas berusaha membuka rute baru jalur transportasi.

Rute yang dipersiapkan adalah jalur yang menghubungkan wilayah Jawa Timur dengan Gunungkidul. Saat ini trayek angkutan umum dari Gunungkidul ke Jawa Timur baru sampai Pacitan.

Baca Juga: Ngaku Petugas BLT, Komplotan Maling Gasak Perhiasan Milik Warga di Sleman

“Kami berencana membuka rute baru, tidak hanya Pacitan, tapi bisa sampai Malang maupun Surabaya,” kata Rakhmadian kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

Dia menuturkan ada beberapa pertimbangan untuk membuatwacana rute baru tersebut. Pertimbangan utama yakni tidak lepas dari adanya akses yang semakin bagus dengan adanya JJLS yang hampir terhubung secara menyeluruh.

Selain itu, aktivitas kendaraan menuju Jawa Timur semakin banyak. Sementara, saat ini penduduk Gunungkidul yang akan ke berbagai kota di Jawa Timur naik angkutan umum harus memutar via Kota Jogja.

Baca Juga: Dimakan Rayap, Atap Bangunan 2 SMP Negeri di Jogja Rawan Ambrol

“Beberapa pertimbangan ini membuat kami yakin jalur baru ini bisa dibuka. Jadi, kalau bisa diwujudkan, masyarakat tak perlu repot-repot ke Jojga dahulu untuk menuju Jawa Timur,” katanya.

Meski demikian, Rakhmadian mengakui proses tidak serta merta bisa dilakukan karena harus berkoordinasi dengan instansi di wilayah lain dan butuh komunikasi dengan perusahaan otobus.

“Mudah-mudahan jalur baru ini bisa segera dibuka,” katanya.

Kepala Bidang Transportasi Dinas Perhubungan Gunungkidul Bayu Susilo Aji mendukung penuh wacana pembukaan rute baru. Pasalnya, selama ini angkutan antarkota antarprovinsi masih fokus ke tujuan arah barat seperti Jakarta dan Bandung.

Baca Juga: Pilur di Seloharjo Bantul Panas, 2 Massa Pendukung Calon Lurah Nyaris Bentrok

“Ke timur baru sampai Pacitan. Memang untuk mewujudkannya butuh kesediaan dari pengusaha angkutan serta mendapatkan izin dari kementerian,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul JJLS Kian Mulus, Dishub Buka Opsi Rute Baru Gunungkidul Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya