SOLOPOS.COM - Ilustrasi perempuan mengenakan masker (Pixabay)

Solopos.com, JAKARTA -- Salah satu cara mencegah penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19) adalah dengan mengenakan masker kain tiga lapis. Agar aman, dr. Alfi Auliya Rachman dari RS FMC Bogor menyarankan Anda untuk menyimpan masker dalam sebuah wadah masker khusus. Apalagi saat bepergian ke luar rumah.

"Ada dua kotak [wadah] penyimpanan khusus. Kotak yang satu untuk masker yang sudah dipakai, kotak lainnya untuk yang belum dipakai. [Masker] bisa dilapisi dengan tisu atau kain bersih. Ini agar tidak kontak dengan barang-barang di luar," kata Alfi dalam konferensi pers virtual "Mengenal Masker Kain Berteknologi dari AIRism Mask", Rabu (21/10/2020).

Promosi Sukomulyo Gresik Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik

Ketika Anda ingin membukanya misalnya karena ingin makan, cucilah tangan terlebih dulu. Setelahnya, buka masker tanpa harus menyentuh bagian tengahnya, melainkan talinya saja.

Tak Pakai Masker, Warga Wonogiri Tak Bisa Ambil Bantuan

Alfi mengingatkan, sebaiknya, jangan gantung masker di dagu. Tetapi masukan masker ke dalam wadah masker khusus yang sudah Anda siapkan lalu tutup rapat wadah itu.

Jika ingin kembali memakainya, cucilah dulu tangan Anda lalu sentuh bagian tali masker dan kenakan hingga hidung dan mulut Anda tertutupi secara pas.

Penertiban Prokes Karanganyar, Masyarakat Lebih Pilih Sanksi Sosial

Rajin Mencuci Tangan

Alfi merekomendasikan Anda mengganti masker minimal setiap empat jam, atau saat kondisinya sudah lembap, basah dan kotor. Taruh masker yang sudah terpakai di wadah masker. Cucilah masker seperti mencuci pakaian biasa namun jangan gunakan pemutih pakaian. Keringkan masker dengan cara diangin-anginkan.

Selain mengenakan masker dan rajin mencuci tangan, Anda juga disarankan untuk menjaga jarak. Dokter Vito A. Damay, mengatakan menjaga jarak dua meter masih relevan saat ini. Apalagi ada temuan Pihak Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengenai virus penyebab Covid-19 bisa menular melalui airborne.

Penelitian Terbaru, Obat Kumur Nonaktifkan Virus Corona dalam 30 Detik

Lantas bagaimana jika tidak memungkinkan menjaga jarak, seperti di angkutan umum atau di ruangan yang kecil? Praktisi klinis sekaligus relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri menyarankan Anda tak banyak bicara. Jika bisa, sebisa mungkin lebih baik diam.

Hal ini, lanjut Fajri, karena ada kemungkinan Covid-19 bisa menyebar melalui droplet dan partikel di udara yang terbentuk ketika seseorang yang terkena corona batuk, bersin, berbicara atau bernapas. Namun, secara umum, ruangan tanpa ventilasi yang baik meningkatkan risiko atas hal ini.

“Rekomendasinya, pakai masker juga sediakan wadah masker, ventilasinya diperbaiki betul, jangan terlalu padat [orang di dalam ruangan]. Kalau di ruangan kecil jangan banyak berbicara,” kata Fajri seperti dilansir dari Antaranews.com.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya