Cara Tepat Cuci Masker Kain, Yuk Simak!
ilustrasu Masker. (Freepik.com) Masker adalah salah satu barang yang mendapat fasilitas pajak impor.

Solopos.com, SOLO – Memakai masker kain adalah salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19. Sebab, masker medis hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan orang yang sedang sakit.

Berbeda dari masker medis yang harus dibuang setelah digunakan, masker kain dapat dipakai kembali setelah dicuci bersih. Lalu bagaimana cara mencuci masker kain agar bersih maksimal dan dapat digunakan kembali?

Sampai saat ini, para peneliti belum tahu persis berapa lama virus corona penyebab Covid-19 tetap bertahan di masker kain. Tetapi hasil penelitian pada April 2020 menyebutkan virus masih dapat terdeteksi di luar masker bedah tujuh hari setelah terpapar.

Nyam-Nyam! Ternyata Begini Rasa Kuliner Enthung Ulat Johar Wonogiri

Itulah sebabnya para pakar kesehatan menyarankan masker harus diganti secara berkala untuk mencegah infeksi virus. Praktisi klinik sekaligus relawan Covid-19, dr. Muhammad Fajri Adda’i menyarankan masker harus segera dicuci setelah dipakai. Jika masker menjadi lembab karena olahraga atau aktivitas lain, segera ganti dengan yang masih bersih.

Melansir dari laman Medical Daily seperti dikabarkan Antara, Senin (21/9/2020), mencuci masker kain harus mempertimbangkan bahannya. Masker yang terbuat dari 100 persen kain katun bisa dicuci seperti pakaian biasa lainnya menggunakan deterjen.

Selain deterjen, Fajri merekomendasikan penggunaan air panas hingga klorin untuk mencuci masker. Anda bisa merendam masker selama sekitar lima menit lalu bilas menggunakan air bersuhu kamar.

Terkuak! Dory Harsa Dipecat Didi Kempot

Biarkan kain benar-benar kering sebelum masker dipakai kembali. Jika Anda tidak menggunakan pengering, biarkan masker mengering di bawah matahari langsung.

Pemakaian

Saat berada di luar rumah, Anda mungkin ingin melepaskan masker saat sendirian. Agar tetap aman, cobalah menempatkan masker dalam tas khusus untuk menjaga kebersihannya. Sebaliknya, jangan memasukkannya ke dalam saku atau ransel.

Fajri mengingatkan, masker yang dipakai harus disesuaikan dengan ukuran wajah. Pemakaian masker yang tidak pas dapat menimbulkan celah sehingga menurunkan efisiensi penyaringan lebih dari 60 persen.

Buntut Kabar Hitamkan Solo: 27 Remaja Ditangkap Ternyata Dapat Ajakan Datang ke Manahan

“Memakainya harus dari hidung hingga dagu. Kalau miring-miring, ya percuma. Pakai masker harus pas. Kalau pakai masker jangan dilepas-lepas, kalau mau dilepas pergi ke tempat kosong. Melepasnya dari belakang. Jangan dilepas saat ada orang lain,” tutur Fajri.

Selain itu, hindari berbicara atau tertawa saat berada di moda transportasi umum. Hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko penyebaran droplet yang bisa saja mengandung virus corona. (Monica Cahyaningrum/JIBI/Madiunpos.com)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom