SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu dan anak (jooinn.com)

Solopos.com, JAKARTA – Era new normal akibat adanya pandemi Covid-19 mengadang dan cepat atau lambat kita semua harus siap untuk melakoninya.

Di keluarga, ibu memiliki peran vital dalam mengenalkan segala sesuatu terkait era new normal kepada anak, serta mengajari berperilaku hidup sehat.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Menurut dokter spesialis anak RSIA Bunda Jakarta dr. Dimple Gobind Nagrani, anak harus disiapkan menghadapi era new normal bukan hanya fisik namun juga mental.

"Pastinya banyak hal yang akan berubah dalam tatanan hidup yang baru nanti, misalnya menjaga jarak dengan teman saat bermain maupun tidak berpegangan tangan," kata dia dalam diskusi daring, Selasa (2/6/2020).

Kelamaan Pakai Masker Bikin Wajah Iritasi? Begini Cara Mengatasinya

Oleh sebab itu, para ibu harus bisa menjelaskan mengapa anak tidak boleh melakukan ini itu di tengah pandemi.

Utamanya, sangat penting orang tua menjelaskan bahaya virus corona atau Covid-19 yang selalu mengintai.

Tetapi saat menjelaskan soal era new normal, para ibu jangan sampai menimbulkan kecemasan bagi si buah hati.

“Jadi kalau mau cerita berbagi fakta saja, jangan menakut-nakuti mereka. Harus hati-hati dengan pilihan kata kita, tidak usah menambah cemas mereka,” ujar Dimple.

Tips Belanja Sayur Online dengan Aman dan Sehat

Dia menganjurkan agar para ibu memakai kata informatif atau menggunakan media untuk menjelaskan Covid-19 dan apa upaya untuk mencegahnya.

Gambar Edukatif

Dimple mengungkapkan kini banyak tersedia gambar-gambar edukatif disertai instruksi kenapa harus mencuci tangan, memakai masker, social distancing, tidak boleh sekolah dulu, dan lainnya.

“Jadi kalau bisa membuat semua perubahan yang menuju era new normal lebih santai, si kecil mungkin tidak akan paranoid dan takut,” tuturnya.

Tips Menginap di Hotel selama Masa Pandemi

"Kita juga harus menyadari bahwa semua perubahan ini akan membawa perubahan psikologis untuk si kecil yang akan dia bawa seumur hidup," tambah dia.

Dimple juga menyarankan agar para orang tua membuat rutinitas baru, sebagai contoh melepas sandal atau sepatu di luar rumah, langsung mencuci tangan, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya