Kelamaan Pakai Masker Bikin Wajah Iritasi? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi masker kain. (Solopos/Chelin Indra Sushmita)

Solopos.com, SOLO – Memakai masker wajah menjadi hal yang wajib dilakukan ketika keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain di masa pandemi Covid-19. Masker menjadi sarana pencegahan penularan virus corona melalui droplet atau percikan liur.

Meski demikian tidak semua orang menarasa nyaman menggunakan masker, apalagi dalam waktu lama. Bagi beberapa orang, pemakaian masker yang terlalu lama mengakibatkan masalah kulit seperti ruam, eksim, bahkan jerawat.

Lalu bagaimana agar kulit kita aman ketika memakai masker di tengah pandemi Covid-19? Simak tips kecantikan dan kesehatan mengatasi iritasi wajah akibat pemakaian masker yang dihimpun dari Solopos.com, Selasa (2/6/2020) berikut:

Pemilik Toko Bangunan di Karanganom Klaten Positif Covid-19

Cuci dan pakai pelembab wajah

Sebelum keluar rumah dan mengenakan masker, pastikan Anda telah mencuci wajah dan memakai pelembab. Cara tersebut membantu membersihkan dan menjaga kelembapan kulit.

Pelembap berfungsi memberikan lapisan pelindung dan menghaluskan kulit wajah. Jika tidak diolesi pelembab, maka masker yang bersentuhan langsung dengan kulit akan menyebabkan iritasi. Pilihlah pelembab yang ringan seperti krim atau losion agar kulit wajah tidak terlalu berminyak.

DIJUAL CEPAT: Helm Full Face

Pilih sunscreen yang cocok

Sunscreen merupakan salah satu skincare yang ampuh melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Penggunaan sunscreen yang salah akan menimbulkan masalah baru pada kulit.

Oleskan mineral sunscreen sebelum memakai masker. Mineral sunscreen terbuat dari bahan alami seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Jenis produk tabir surya tersebut tidak mengandung bahan aktif seperti zat oxybenzone atau octinoxate yang membuat iritasi pada kulit sentitif.

Istri Jadi TKW di Luar Negeri, Bayan Malah Hamili Gadis Remaja

Hindari pemakaian makeup

Penggunaan makeup ketika memakai masker sangat tidak dianjurkan. Produk makeup akan menutup pori-pori kulit. Hal tersebut diperparah dengan keringat yang muncul saat pemakaian masker. Pori-pori kulit atau folikel yang tersumbat akan menyebabkan jerawat dan noda pada wajah.

Cerita Tenaga Medis Puskesmas Kedawung Sragen Diteror: Malam-Malam Ditelepon 10 Kali

Cuci masker secara teratur

Masker kain paling banyak dipakai masyarakat karena harganya yang terjangkau dan bisa dipakai secara berulang kali. Namun, banyak dari mereka yang tidak mengindahkan protokol menjaga kebersihan masker.

Mencuci masker secara teratur sangat penting bagi kesehatan kulit wajah. Pemakaian masker berulang kali tanpa rajin mencuci hanya akan memindahkan bakteri yang terkumpul pada wajah. Hal itu dapat memicu berbagai permasalahan kulit wajah.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho