Tips Menginap di Hotel selama Masa Pandemi
Ilustrasi keluarga menginap di hotel (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Ada banyak alasan mengapa kamu harus menginap di hotel atau akomodasi sejenisnya pada masa pandemi ini. Salah satunya adalah untuk kamu yang masih harus bekerja di luar rumah namun tidak ingin membawa paparan virus ke rumah karena di rumahmu terdapat orang tua ataupun anak-anak kecil yang lebih rentan karena daya tahan tubuhnya yang tidak sebaik orang dewasa.

Namun, apakah aman untuk menginap di hotel selama masa pandemi ini? Tak perlu khawatir karena WHO dan juga Kemenparekraf sendiri telah memiliki pedoman khusus untuk hotel selama masa pandemi ini agar setiap standar operasional yang dijalankan mampu mencegah serta meminimalisir penularan penyakit.

Meskipun telah memiliki standar operasional yang dirancang khusus, bukan berarti kamu tidak perlu proaktif dalam menjaga kesehatan dan kebersihan diri kamu selama menginap di hotel.

Berikut tips menginap di hotel selama masa pandemi untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kebersihanmu!

1. Selalu lakukan pengecekan dan patuhi prosedur yang diterapkan staf hotel

Pada saat memasuki lingkungan hotel, staf hotel akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan pada saat check-in petugas juga akan meminta informasi mengenai riwayat perjalanan dan sejenisnya.

Selalu ikuti petunjuk serta prosedur yang diminta oleh petugas dikarenakan hal-hal tersebut dilakukan guna meningkatkan keamanan setiap tamu yang menginap di hotel.

2. Tetap menjalankan social distancing dan gunakan masker selama berada di lingkungan hotel

Tips menginap di hotel pada saat pandemi selanjutnya adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti social distancing serta menggunakan masker.

Selama berada di hotel kamu akan berinteraksi dengan staf hotel ataupun tamu lainnya. Untuk itu, pastikan kamu tetap menjaga jarak secara disiplin dan selalu menggunakan masker pelindung saat keluar dari kamar dan berada di lingkungan hotel.

3. Tetap jaga kebersihan diri

Kunci utama untuk terhindar dari penyakit adalah kebersihan diri yang terjaga. Untuk itu tetaplah jaga kebersihan tubuhmu dengan mandi secara rutin, selalu segera mencuci pakaian kotor yang telah dipakai, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir segera setelah melakukan kontak dengan orang lain ataupun menyentuh permukaan yang berada di tempat publik.

Di setiap sudut hotel dan fasilitas yang terdapat di hotel juga akan disediakan hand sanitizer yang bisa kamu gunakan sebelum dan setelah menggunakan fasilitas tersebut.

4. Jangan dulu menginap beramai-ramai

Guna menerapkan disiplin menjaga jarak, hindari menginap di satu kamar beramai-ramai. Hindari juga menerima tamu dalam jumlah yang banyak di dalam kamar hotel.

Sebisa mungkin hindari beraktivitas di fasilitas-fasilitas umum yang terdapat di hotel seperti restoran, kolam renang, dan sejenisnya. Untuk kamu yang membutuhkan makanan atau minuman, mintalah petugas restoran untuk mengantarkannya langsung ke kamarmu.

5. Ikut aktif dalam menjaga kebersihan hotel

Tak hanya kebersihan diri, kebersihan lingkungan juga sangatlah penting untuk mencegah persebaran penyakit. Untuk itu, kamu juga disarankan untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan hotel seperti tidak membuang sampah sembarangan dan secara rutin membersihkan kamar dan toilet pribadi.

Jika kamu membutuhkan desinfektan, mintalah petugas hotel untuk menyediakannya sehingga kamu bisa lebih sering membersihkan kamarmu.

Itulah berbagai tips menginap di hotel selama pandemi yang bisa kamu terapkan selama menginap di hotel. Selain berbagai tips tersebut, selalui perbarui informasi yang kamu miliki seputar pandemi, terutama protokol-protokol kesehatan yang harus kamu lakukan guna melindungi kesehatan tubuh di masa pandemi.

Jadi, sudah putuskan untuk booking hotel sebagai solusi isolasi mandiri dan mencegah persebaran virus? Atau kamu lebih memilih akomodasi lainnya dengan sewa apartemen?

Apa pun pilihanmu, baik itu menginap di hotel, menyewa apartemen, ataupun tetap di rumah atau kos-kosan, tips di atas bisa kamu terapkan untuk tindakan pencegahan yang baik untuk kesehatanmu!


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho