SOLOPOS.COM - Cara mengecek penerima bantuan STB gratis dari pemerintah di laman Cekbantuanstb.kominfo.go.id. (Cekbantuanstb.kominfo.go.id)

Solopos.com, SOLO — Dengan adanya migrasi TV analog ke digital per 2 November 2022, pemerintah telah membagikan Set Top Box (STB) gratis kepada masyarakat dengan kategori keluarga miskin. Nah, Kominfo baru saja merilis fitur untuk mengecek penerima bantuan tersebut melalui online hanya dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Seperti diketahui, set top box digunakan untuk menikmati siaran TV digital bagi yang masih menggunakan TV analog. Untuk mengetahui, TV Anda termasuk analog atau digital, bisa dicek dengan cara berikut ini.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

  1. Kunjungi halaman resmi Kominfo, https://siarandigital.kominfo.go.id/.
    Ketuk menu “Perangkat TV Digital”.
  2. Klik menu “Pilih Kategori”.
  3. Klik “Televisi”.
  4. Masukkan merek dan tipe televisi Anda.
  5. Jika televisi Anda sudah digital, maka akan muncul informasi merek dan tipe televisi yang Anda masukkan.
  6. Namun jika informasi televisi yang Anda masukkan tidak muncul, dan ditemukan keterangan “Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat,” tandanya televisi Anda masih televisi Analog dan memerlukan STB.

Baca Juga: 2 Cara Pindah ke TV Digital Tanpa Menggunakan Set Top Box

Jika memang TV Anda termasuk televisi analog, dibutuhkan STB untuk menikmati siaran TV digital. Tak perlu khawatir, Kominfo sendiri telah membagikan bantuan Set Top Box (STB) gratis bagi Anda yang memenuhi syarat.

Berikut ini terdapat cara mengecek apakah Anda termasuk penerima bantuan STB gratis atau tidak dari pemerintah. Cukup persiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda.

Baca Juga: Tak Semua Dapat! Cek Syarat Peroleh Set Top Box Gratis dari Pemerintah

  1. Buka laman Cekbantuanstb.kominfo.go.id.
  2. Masukkan NIK dan kode captcha.
  3. Setelah itu klik tombol “Pencarian”.

Baca Juga: Daftar Harga Set Top Box Tersertifikasi Kominfo untuk Nonton TV Digital

Setelah itu, akan muncul keterangan pada laman tersebut. Jika Anda bukan penerima bantuan Set Top Box (STB) gratis dari pemerintah, akan muncul tulisan “Failed! Pencarian tidak ditemukan, anda tidak termasuk calon penerima bantuan STB.”

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya