Bukan di Solo, Terduga Teroris Asal Sumbar Ditangkap di Baki Sukoharjo
Ilustrasi personel Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. (Antara-Ariesanto)

Solopos.com, PADANG -- Kepolisian mengonfirmasi ada seorang terduga teroris yang ditangkap di Soloraya, Kamis (21/5/2020) lalu, namun bukan di Solo melainkan Baki, Sukoharjo. Meski demikian, tak banyak informasi yang bisa disampaikan Polres Sukoharjo.

Ini karena penangkapan terduga teroris tersebut dilakukan oleh Detasemen Khusus atau Densus 88 Anti Teror Mabes Polri. Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Nanung Nugroho Indaryanto, saat dihubungi Solopos.com mengonfirmasi peristiwa itu.

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Anggota JAD di Solo

"Sudah hari Kamis," kata dia dalam pesan singkat yang diterima Solopos.com, Minggu (24/5/2020) malam.

Meski demikian, Nanung tak menjelaskan detail lokasi penangkapan dan jaringan terkait terduga teroris yang ditangkap di Baki, Sukoharjo, itu. Menurutnya, dia tidak punya kewenangan untuk memberikan penjelasan.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Densus 88 tangkap seorang terduga teroris di sekitar Kota Solo, pekan ini. Orang yang ditangkap tersebut merupakan laki-laki asal Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, berinisial REP alias Abu Yusuf.

Sempat Dikarantina, Warga RW 001 Jelobo Klaten Salat Idulfitri Berjemaah

Abu Yusuf ditangkap di Baki, Sukoharjo, karena diduga terlibat jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kepala Bidang Humas Polda Sumatra Barat, Komisaris Besar Polisi Stefanus Setianto, di Padang, Sabtu, mengatakan, REP ditangkap di Solo, Jawa Tengah.

Lengang, Jalan Boyolali-Solo dan Dalam Kota Serasa Jalan Tol

Setelah REP ditangkap di Solo, tempat tinggal asalnya juga diperiksa. Menurut dia, REP adalah warga Lima Kaum Tanah Datar dan polisi menggeledah rumah REP di Tanah Datar, sekitar pukul 17.45 WIB hingga 19.00 WIB Kamis (21/5/2020).

Buku Jihad

"Dari rumah pelaku ditemukan beberapa barang bukti berupa buku jihad dan dan lainnya," kata dia, Sabtu (23/5/2020), dilansir Antara.

Lebaran Petugas Karantina Covid-19 di Solo, Kenakan APD Usai Salat Id

Ia mengatakan terduga teroris ini ditangkap di sekitar Solo sekitar pukul 12.55 WIB Kamis (21/5/2020)--belakangan diketahui di Baki, Sukoharjo. Penggeledahan di lantai atas kamar indekos REP di Solo, namun kamar itu kosong.

Sebaran 69 Kasus Positif Covid-19 Per Desa di Sukoharjo, Kebanyakan OTG

"Saat ini pelaku diperiksa di Markas Komando Brimob Polda Jawa Tengah," kata dia.

Awas! Bahaya OTG Covid-19 Saat Halalbihalal Idulfitri


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho