SOLOPOS.COM - Pembukaan Batik Benang Ratu Solo yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara, Rabu (19/8/2020).(Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO--Toko Batik Benang Ratu Solo menjadi alternatif tempat belanja baru aneka batik maupun oleh-oleh bagi masyarakat Soloraya.

Selain menjual berbagai batik produksi sendiri dengan harga terjangkau, toko yang terletak di Jalan Veteran No 119 Solo ini turut memasarkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Pemilik Batik Benang Ratu, Maria Eunika Santoso, mengatakan Solo menjadi outlet kelima setelah sebelumnya toko serupa buka di Semarang dan Jogja. Menurutnya, Kota Solo dipilih lantaran kota ini meski sudah modern, tapi tidak meninggalkan sentuhan tradisionalnya.

Soloraya Dijatah 1,5 Juta Lembar, Jadwal Penukaran Uang Baru Rp75.000 Penuh Sampai 3 September!

“Ini cocok dengan visi usaha kami. Toko kami di Solo ini mengusung tema Heritage mengisahkan cerita rakyat Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari. Makanya, toko kami bertema seperti saat Jaka Tarub masuk hutan lalu di tengah toko seolah-olah ada pemandian, tempat bidadari mandi, dan sebagainya,” ujarnya, kepada wartawan, saat grand opening toko, Rabu (19/8/2020).

Maria menambahkan pada bagian depan toko dibuat seperti gunungan wayang. Selain itu, saat masuk ke dalamnya ada pula lukisan bercerita yang menggambarkan kisah Jaka Tarub dan Nawang Wulan di bagian dinding atas.

Rumah Warga Pasar Kliwon Solo Terbakar, Kerugian Rp200 Juta, Ini Penyebabnya

Masker Batik

Sesuai dengan tema yang diusung, menurutnya barang yang dijual di toko ini adalah berbagai produk lokal dengan kemasan modern. Misalnya, aneka produk berbahan batik seperti baju, tas batik, kain batik, dan masker batik. Ada pula produk berbahan dasar rotan yang dibuat tas, keranjang, kursi, dan lain-lain. Tak ketinggalan ada aneka camilan berupa jajanan tradisional.

“Kami gaet UMKM untuk bisa menitipkan produknya di sini. Kami terbuka untuk kerja sama dengan para pelaku UMKM lokal. Selain itu, kami juga ada jasa jahit, jadi bagi pengunjung yang ingin punya batik seragaman kami bisa buatkan, termasuk jika ingin memiliki batik dengan motif atau logo khusus instansinya,” paparnya.

1 Pemudik Pulang Ke Sukoharjo Sakit-Sakitan Lalu Positif Covid-19

Store Manager Batik Benang Ratu, Apriyani Panca Kartikasari, menambahkan selama masa pembukaan ada diskon menarik hingga 50% untuk semua produk. Menurutnya, ada pula minimal pembelian dengan nominal tertentu memeroleh harga spesial untuk item tertentu.

Apriyani menambahkan harga aneka produk yang dijual terjangkau bagi masyarakat. Misalnya, kain mulai dari Rp29.500, atasan batik mulai Rp30.000, sovenir mulai Rp2.000, dan tas mulai Rp5.000.
“Selain aneka produk lokal, kami juga menyediakan peralatan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, seperti masker, hand sanitizer, hingga face shield,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya