SOLOPOS.COM - Warga menunjukkan uang baru edisi HUT ke-75 RI setelah menukarnya di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw) Solo, Selasa (18/8/2020). (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo dijatah  1,5 juta lembar uang baru pecahan Rp75.000 edisi HUT Kemerdekaan RI atau uang peringatan kemerdekaan (UPK) untuk Soloraya.

Kuota ini dari total 75 juta lembar uang anyar Rp75.000 yang dicetak Bank Indonesia khusus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI yang resmi diluncurkan pada Senin (17/8/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) KPw BI Solo, Gunawan Purbowo, mengatakan KPw BI Solo memeroleh 1,5 juta lembar uang baru Rp75.000.

Pilkada Solo: Gibran-Teguh Belum Tentukan Singkatan Nama, Bingung Karena Terlalu Banyak Usulan?

Sebanyak 1,5 juta lembar uang baru pecahan Rp75.000 itu untuk diedarkan di wilayah Soloraya. Namun demikian, pengedaran uang edisi khusus ini dilakukan bertahap.

“Semua warga yang memiliki KTP bisa memiliki uang baru ini. Tapi, penukaran untuk masyarakat umum kami layani di KPw BI Solo hingga 3 September 2020 dulu. Kapasitas pelayanan kami terbatas, jadi sehari kami layani penukaran untuk 150 orang mulai Selasa [18/8/2020],” ujarnya, kepada wartawan di KPw BI Solo, Selasa (18/8/2020).

Mendaftar di Aplikasi

Gunawan menjelaskan UPK ini dapat dimiliki seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Satgas Covid-19 Solo Catat 4 Kasus Positif Baru, Pasien Suspek Naik Kelas Terus Bertambah

Masyarakat Soloraya bisa mendaftar pada jadwal penukaran uang baru Rp75.000 ini lewat aplikasi berbasis situs pintar.bi.go.id. Menurutnya, satu KTP tersebut berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI.

Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai Senin (17/8/2020) pukul 15.00 WIB. Di sisi lain, penukaran uang dapat dilakukan di seluruh KPw BI mulai 18 Agustus 2020.

Selanjutnya, mulai 1 Oktober 2020, penukaran dapat dilakukan di kantor Bank Indonesia dan kantor bank umum yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan BI.

Pilkada Solo: Belum Sentuh Visi & Misi, Blusukan Gibran Disebut Baru Sebatas Hompimpa!

Menurutnya, pelaksanaan penukaran uang baru Rp75.000 di Soloraya dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Animo masyarakat yang luar biasa membuat jadwal penukaran uang edisi HUT RI di KPw BI sudah penuh hingga 3 September 2020. Sedangkan pendaftaran setelah tanggal tersebut belum dibuka,” imbuhnya.

Jatah 1,5 juta lembar itu belum dikeluarkan semua oleh KPw BI Solo melainkan bertahap. Nantinya uang ini diedarkan di masyarakat, tapi untuk tahap awal dilayani dulu penukarannya di KPw BI di berbagai daerah

Gibran Tanggapi Kemungkinan Lolosnya Paslon Bajo di Pilkada Solo 2020: Ya Sudah, Selamat Berjuang!

Makna Filosofis

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Solo yang melayani wilayah Soloraya, Bimala, menambahkan uang rupiah kertas pecahan Rp75.000 ini sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender) sekaligus merupakan uang peringatan (commemorative notes).

"Makna filosofis yang tertuang dalam UPK 75 Tahun RI tersebut adalah mensyukuri kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang,” paparnya.

Dalam rilisnya, Gubernur BI, Perry Warjiyo, menjelaskan ketiga makna filosofis di dalam UPK 75 Tahun RI tersebut terefleksikan dalam desain uang secara utuh.

Bau Limbah Masih Tercium, Ini Penyebabnya Versi Manajemen PT RUM Sukoharjo

Menurutnya, gambar peristiwa historis Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 dan berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan menggambarkan wujud mensyukuri kemerdekaan.

Sedangkan keberagaman pakaian adat dan motif kain Nusantara mencerminkan semangat memperteguh kebhinekaan.

Sementara satelit Merah Putih, sebagai jembatan komunikasi NKRI menuju Indonesia Emas 2045, yakni merupakan optimisme menyongsong masa depan gemilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya