Borong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Tokopedia terpilih menjadi e-commerce favorit UMKM di penghargaan Selular Award 2022.

 Para penerima Selular Award 2022. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Para penerima Selular Award 2022. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO Perusahaan teknologi Indonesia bagian dari Grup GoTo, Tokopedia, kembali harum namanya. Tokopedia berhasil menyabet empat penghargaan dalam Selular Award di kategori UMKM’s Most Favorite e-Commerce atau e-Commerce Favorit UMKM.

Selular Award adalah ajang penganugerahan kepada industri telekomunikasi dan teknologi dan sudah digelar 19 kali sejak kali pertama digelar pada 2003 silam. Pada 2022 ini, Selular Award mengangkat tema Winning in Digital Ecosystem.

PromosiKonser Dream Theater, Kuliah Musik Sekaligus Praktik

Apresiasi dari Selular Award itu menjadikan Tokopedia sebagai marketplace terbaik di Indonesia.

Keempat penghargaan yang diraih adalah Most Trusted Brand, UMKM’s Most Favorite e-Commerce, Best e-Commerce, dan Excellence in Performance untuk Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A Edison.

Tokopedia memang menjadi favorit para pelaku UMKM untuk berdagang selama ini. Hal itu itu tak lepas dari komitmen Tokopedia untuk terus fokus Go Local untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di daerah.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Handphone Android Bekas Supaya Tidak Tertipu Penjual

Inovasi yang juga selalu digaungkan Tokopedia adalah inisiatif Hyperlocal. Inisiatif ini hadir untuk menjawab salah satu tantangan UMKM, yaitu menjangkau lebih banyak masyarakat di berbagai penjuru Indonesia.

Selain itu, penghargaan yang diraih oleh perusahaan teknologi asal Indonesia ini juga selaras dengan program Tokopedia yang selalu membantu pelaku UMKM lokal agar terus relevan dengan perkembangan zaman dan menjadi juara di negeri sendiri.

Inisiatif Hyperlocal ini juga bertujuan mendukung UMKM di daerah mendapatkan panggung yang seluas luasnya. Tokopedia yang mengedepankan teknologi geo-tagging akan mendekatkan pembeli dengan pedagang terdekat di domisili mereka.

Salah satu program dari inisiatif Hyperlocal adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal. Program festival belanja WIB dan WIB Lokal diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir bulan.

Dengan program itu, para pedagang di daerah bisa mendapatkan sorotan lebih dari pembeli dalam kampanye WIB Lokal.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Program berikutnya adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang mendekatkan pembeli dengan pedagang terdekat dengan fitur geo-tagging. Dengan begitu, UMKM bisa memiliki peluang untuk tumbuh dan bangkit.

Ada pula program Tokopedia NOW!, yakni pelayanan yang membantu masyarakat mendapatkan produk kebutuhan sehari-hari, termasuk sembako, dengan jaminan akan tiba maksimal dua jam setelah pembayaran.

Di sisi lain, layanan Dilayani Tokopedia yang merupakan pelayanan pemenuhan yang memungkinkan pedagang di Tokopedia menitipkan stok produk di gudang pintar di berbagai daerah, terutama di wilayah dengan jumlah permintaan tinggi.

Dengan Dilayani Tokopedia, Tokopedia berkomitmen untuk menyediakan pengiriman yang terpercaya, cepat, dan gratis ke seluruh negeri.

Saat ini, gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan terus bertambah di kota lainnya guna mendukung inisiatif Hyperlocal.

Sejalan dengan inisiatif Hyperlocal, Tokopedia yang sudah meraih banyak penghargaan juga berkolaborasi dengan mitra strategis untuk memberikan solusi dan pelatihan komprehensif dan terfokus untuk pelaku UMKM.

Baca Juga: Orang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Tidak hanya di kota besar, Tokopedia juga fokus ke berbagai daerah di Indonesia.

Tokopedia juga membuka edukasi kepada pedagang melalui Obrolan Seller Tokopedia, yakni suatu talk show yang disiarkan secara live di Tokopedia Play.

Melalui fitur itu, pedagang bisa mendapatkan ilmu seputar bisnis dan fitur Tokopedia yang bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis di Tokopedia.

Ada pula webinar dan beragam kelas-kelas edukasi yang rutin digelar Tokopedia untuk memberikan edukasi kepada UMKM mengenai cara berdagang yang efektif.

Tokopedia juga menyediakan laman khusus untuk mengedukasi seller, yaitu Pusat Edukasi Seller Tokopedia. Laman ini dirancang untuk menjadi wadah bagi seller Tokopedia untuk bisa mendapatkan banyak informasi terbaru seputar berjualan di Tokopedia, fitur-fitur terbaru, dan cara menggunakannya.

Baru-baru ini, Tokopedia juga telah menggelarkan Kelas Perempuan Maju Digital di Bali yang bertujuan untuk mendorong kapasitas pelaku UMKM Indonesia, terutama UMKM perempuan, lewat pemerataan pengetahuan berbisnis agar dapat bersaing di era digital.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tarif Ojol Naik, Driver di Solo Tak Khawatir Customer Berkurang

       Sejumlah driver ojek online (ojol) di Kota Solo tak khawatir kehilangan pelanggan bila seandainya keseluruhan tarif ojol di Kota Solo ikut naik.

      Disebut akan Naik 3 Kali Lipat, Harga Mi Instan Jadi Berapa?

      Disebut-sebut terdampak naiknya harga gandum, berapa harga mi instan jika harganya naik hingga tiga kali lipat?

      Harga Pangan Rabu 10 Agustus 2022, Minyak Hingga Cabai Turun Harga

      Pantauan harga pangan di sejumlah daerah di Indonesia terpantau stabil dan cenderung banyak mengalami penurunan harga, Rabu (10/8/2022).

      Harga Mi Instan Berpotensi Naik 3 Kali Lipat, Pengaruhi Inflasi?

      Harga mi instan dalam negeri berpotensi naik hingga 3 kali lipat lantaran tingginya harga gandum dunia akibat adanya perang Rusia-Ukraina.

      BI Ajak Pemda Gelar Operasi Pasar, Ini Tujuannya

      Menggiatkan operasi pasar (OP) sebagai langkah agar inflasi pangan bisa turun ke level 6% atau bahkan 5%.

      Hadir di Pesta Rakyat Simpedes, SuperApps BRImo Makin Diminati

      Lebih dari 25.000 warga tumpah ruah dalam Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Lapangan Galuh Mas, Karawang, Jawa Barat.

      Antam dan UBS Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 10 Agustus 2022

      Harga emas hari ini yang dijual di Pegadaian, Rabu (10/8/2022) terpantau naik, baik untuk cetakan Antam dan UBS.

      BEI HUT ke-45, Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat Tipis

      Bertepatan dengan HUT pasar modal Indonesia yang ke-45, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Rabu (10/8/2022) hari ini diprediksi menguat.

      BCA Butuh 5.000 Talenta Digital 5 Tahun ke Depan, Cek Kualifikasinya

      PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) terus mencari  sumber daya manusia di bidang teknologi informasi (IT) alias talenta digital dalam jumlah besar. 

      BPJS Kesehatan Kenalkan Program Rehab, Begini Cara Menggunakannya

      Program rehab ini memungkinkan peserta BPJS Kesehatan bisa mencicil tunggakan iuran.

      Berburu Pertalite di Solo hingga Malam Hari

      Antrean pembelian Pertalite di sejumlah SPBU di Kota Solo terjadi sejak Selasa (9/8/2022) siang

      Mitsubishi Kenalkan New Colt L300 di Solo, Ini Keunggulan dan Harganya

      PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan New Colt L300 kepada  konsumen loyalnya di Solo, Selasa (9/8/2022).

      Antrean Panjang di Sejumlah SPBU Solo, Warga Sulit Cari Pertalite

      Antrean panjang pengisian BBM pertalite subsidi terjadi di beberapa SPBU Kota Solo, Selasa (9/8/2022) malam.

      Catat, Ini Cara Mudah Beli Rumah Lelang BTN

      Ingin tahu cara mudah beli rumah lelang di Bank Tabungan Negara (BTN)? Membeli rumah lelang adalah salah satu cara mendapatkan rumah dengan harga miring.

      700 Koki akan Hadir di De Tjolomadoe, Ada Apa Ya?

      FB&C Festival tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pendukung, di antaranya cake decoration, vegetable carving, demo masak dari koki terkenal, pameran produk makanan dan minuman serta alat produksi makanan.