SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja di Tokopedia. (Tokopedia.com)

Solopos.com, SOLO  Seller atau pedagang di Tokopedia mengalami kenaikan omzet pada 2021 lalu. Tokopedia mencatat jumlah transaksi di Kota Solo dan Jawa Tengah secara keseluruhan mengalami peningkatan hampir dua kali lipat di tahun lalu.

Berdasarkan catatan Tokopedia, orang Solo dan Jateng secara keseluruhan ternyata gemar belanja gadget di Tokopedia. Gadget yang digandrungi antara lain handphone dan tablet.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Kategori lain yang mengalami peningkatan adalah Kesehatan, Alat Elektronik, Makanan dan Minuman, serta Otomotif.

Dari sisi konsumen, Tokopedia mencatat terjadinya peningkatan pengguna hampir dua kali lipat di Jawa Tengah pada periode 2021 dibandingkan pada tahun 2020.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Top! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Kenaikan itu diperkirakan karena masyarakat sudah mengetahui banyak fitur-fitur di Tokopedia yang semakin memudahkan mereka.

Kini, masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia bisa mengakses produk dan layanan Tokopedia serta membeli dan memakai produk dari toko lokal. Membeli dari UMKM lokal di Tokopedia berguna juga untuk pemulihan ekonomi nasional.

Tren belanja di Tokopedia ini turut didorong oleh deretan inisiatif mulai dari Home Living SALEbrations, yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, juga Tokopedia Peduli Sehat yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.

Baca Juga: Kado Manis Ultah Solo, Omzet UMKM Naik 5 Kali Lipat Lewat Tokopedia

Selain itu, ada Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

Ada pula Tokopedia Nyam!, yakni program agar masyarakat bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman, dan efisien.

Berbagai macam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah juga dihadirkan melalui Tokopedia Tekno.

Tokopedia juga terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada pegiat usaha, termasuk pelaku UMKM lokal, untuk bisa beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi dengan sejumlah inisiatif hyperlocal.

Baca Juga: Kembalikan Pola Makan Usai Lebaran, Begini Tips Tokopedia dan Ahli Gizi

Salah satu inisiatif hyperlocal adalah dengan mengusung teknologi geo-tagging demi mendekatkan UMKM di seluruh penjuru Indonesia dengan pembeli di sekitar mereka, agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya