SOLOPOS.COM - Ilustrasi start Borobudur Marathon. (Kemenpora.go.id-Raiky)

Solopos.com, MUNGKID — Berbagai pihak memberikan komitmennya untuk  terus membantu  event Borobudur Marathon terus bergulir dan menjadi kebanggaan bukan hanya untuk Jawa Tengah, melainkan Indonesia. Sejumlah pihak bahkan menyataian siap nyengkuyung (menopang) agar Borobudur Marathon melesat ke orbit lari dunia.

Bank Jateng sebagai sponsor utama kegiatan itu secara tegas berkomitmen mengawal lomba lari itu, karena selama kini terbukti mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat. "Event ini telah menggerakkan ekonomi rakyat melalui UMKM dan homestay,” kata Dirut Bank Jateng Supriyatno dalam konferensi pers di Hotel Artos, Magelang, Sabtu (16/11/2019).

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Sebanyak 10.900 pelari bersaing di Borobudur Marathon 2019 yang dilepas Minggu (17/11/2019) pagi dari Taman Lumbini Candi Borobudur. Peserta dibagi menjadi tiga kategori yaitu 10 K, half marathon, dan full marathon. Sebelum pelaksanaan lomba, Sabtu (16/112019), diadakan Friendship Run, lomba lari santai yang dimeriahkan oleh komunitas lari, unsur pemerintah, sponsor, dan keluarga pelari.

Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinoeng N. Rachmadi juga melihat Borobudur Marathon sangat layak didukung karena menciptakan dampak ikutan dari berbagai sisi. "Saya tak setuju dengan istilah perekonomian menggeliat karena identik dengan statis. Tapi Borobudur Marathon telah menumbuhkan perekonomian warga. Terus tumbuh, dan tumbuh terus. Perputaran uang yang dibelanjakan juga naik secara signifikan di Borobudur Marathon ,’’ kata Sinoeng.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An juga mengakui, tanpa kolaborasi bersama semua elemen, Borobudur Marathon tidak bisa berkembang. Ke depan, dia ingin mendapat dukungan  agar lebih baik lagi. "Kami berterima kasih kepada pemprov, penyelenggara, Bank Jateng, sponsor, media, masyarakat, keamanan, Dinas Kesehatan, peserta yang turut bekerja membesarkan Borobudur Marathon,’’ tambahnya.

Pada kesempatan itu, Chien An bermimpi entah kapan, Borobudur Marathon setara dengan Tokyo atau  London Marathon yang hanya menggelar  satu nomor saja yaitu maraton. "Butuh persiapan yang matang, mungkin satu-dua tahun ini belum. Tapi angan-angan saja, hanya satu nomor maraton,’’ ujar pria yang akrab dipanggil King Kong tersebut.

Budiman Tanuredjo dari penyelenggara, meminta peserta untuk mengukur diri sebelum lomba. Best personal atau catatan waktu pribadi itu penting, tapi keselamatan jiwa lebih penting. Andreas Kansil selaku Direktur Lomba BorMar menyatakan bahwa rute Borobudur Marayhon masih sama.

Pihaknya juga telah mengantisipasi keselamatan peserta dengan memperbanyak water station dan fruit station. "Kami mendatangkan  medical director yang berasal dari ahli olah raga lari di event ini,’’ ujar Andreas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya