SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan penjelasan tentang Borobudur Marathon 2019 di Jakarta, Selasa (18/6/2019). (Bisnis-Abdullah Azzam)

Solopos.com, MUNGKID — Borobudur Marathon 2019 digelar di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/11/2019). Penyelenggara lomba lari berskala internasional itu tak henti melalukan inovasi dalam penyelenggaraan setiap tahunnya.

Salah satu aspek baru dan menarik pada penyelenggaraan Borobudur Marathon 2019 adalah rangkaian program Pawone Borobudur Marathon 2019. Pawone Borobudur Marathon 2019 dibagi menjadi tiga program besar, yaitu Mbangun Cerita, Mbangun Wisata, dan Mbangun Pasar.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Mbangun Cerita merupakan wadah bertukar cerita antara warga masyarakat di sekitar Candi Borobudur dengan penyelenggara Borobudur Marathon 2019. Harapannya, melalui program itu pengalaman acara yang dihasilkan dapat dirasakan secara utuh oleh semua orang yang terlibat.

Program Mbangun Cerita dituangkan ke dalam acara yang lekat dengan nilai khazanah lokal, yaitu tumpengan bersama warga yang dilaksanakan pada Agustus 2019. Ada pula Festival Sinergi & Harmoni yang diselenggarakan pada November 2019 serta Fun Run, acara lari yang dikhususkan untuk warga lokal di sekitar Candi Borobudur, yang akan dilaksanakan pada Januari 2020.

Adapun Mbangun Pasar merupakan proses membangun Pasar Harmoni, yakni pasar hasil karya warga lokal di sekitar Candi Borobudur yang menyajikan sajian makanan dan minuman khas Magelang. Pasar Harmoni dibentuk melalui kolaborasi antara warga lokal, penyelenggara Borobudur Marathon, dan hotel-hotel di sekitar Candi Borobudur.

Warga lokal yang memiliki niat untuk membangun usaha kuliner diseleksi, dipilih, dan dilatih oleh juru masak eksekutif. Melalui mata acara itu, diharapkan tumbuh ekosistem pariwisata, khususnya di kawasan Candi Borobudur.

Edukasi kuliner dalam rangkaian acara Borobudur Marathon 2019 dilakukan agar warga sekitar dapat membuat panganan khas yang berkualitas. Di sisi lain, dilakukan pula standardisasi homestay dan memberikan kredit terjangkau bagi masyarakat yang ingin berbisnis penginapan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya