SOLOPOS.COM - Kepala Dispermadesdukcapil Jateng, Sugeng Riyanto. (Semarangpos.com-Imam Yuda Saputra)

Solopos.com, SEMARANG — Krisis blangko e-KTP terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng) pada awal 2020. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Jateng, Sugeng Riyanto, mengatakan krisis blangko e-KTP terjadi hampir di seluruh wilayah Jateng.

"Hampir semuanya langka. Padahal, permintaan terus meningkat setiap harinya. Alhasil, untuk sementara yang kita berikan suket [surat keterangan]," ujar Sugeng saat dijumpai Semarangpos.com di kantornya, Senin (6/1/2020),

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Sugeng mengatakan untuk permintaan e-KTP di Jateng memang terbilang tinggi. Hal itu tak terlepas dari dinamika sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

"Setiap hari itu permintaannya ada terus. Kan tiap hari ada yang minta e-KTP baru karena usianya sudah mencukupi. Belum lagi yang mengubah status, pindah rumah, dan lain-lain," ujarnya.

Padahal, lanjut Sugeng, Jateng hanya diberikan jatah 4.000 blangko e-KTP per pekannya. Jumlah sebanyak itu harus dibagi secara rata di 35 kabupaten/kota di Jateng.

"Iya, kita dapat jatahnya cuma 4.000 blangko e-KTP per pekan. Padahal, permintaannya sudah tinggi. Bahkan, untuk wilayah Kebumen itu suket yang diberikan itu sudah mencapai 140.000 an. Sedang di Jepara sekitar 16.000 lembar," ujar Sugeng.

Sugeng menyebutkan kelangkaan blangko e-KTP itu terjadi dihampir semua daerah di Indonesia. Fenomena itu kemungkinan disebabkan menipisnya stok pasca-meningkatnya permintaan e-KTP pada masa Pemilu 2019.

"Kemarin pas Pemilu kan jor-joran, sekarang stoknya mulai menipis di awal tahun," imbuh mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jateng itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya