SOLOPOS.COM - Grafis material E-KTP (Wisnu Paksa/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN – Blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten kosong selama sebulan terakhir. Akibatnya, daftar tunggu pencetakan e-KTP mencapai 35.000 orang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Klaten, Sri Winoto, mengatakan menjelaskan sudah mempertanyakan soal kekosongan blangko tersebut ke Kemendagri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari Kemendagri meminta saya untuk mengirimkan surat [terkait kekosongan blangko]. Surat sudah kami kirimkan namun memang sampai saat ini belum ada blangko yang kami terima,” kata Winoto saat ditemui di Setda Klaten, Senin (30/12/2019).

Lantaran blangko kosong, warga yang melakukan rekam data untuk sementara mendapatkan surat keterangan pengganti e-KTP. Belum ada informasi pasti kapan kekosongan blangko e-KTP bakal dipenuhi.

“Sementara sebagai pengganti e-KTP warga mendapatkan surat keterangan. Fungsinya sama memang hanya berupa lembaran kertas. Memang dengan masih kosongnya blangko ini daftar tunggu pencetakan semakin tambah. Hari ini saja yang melakukan rekam data sampai 200 orang. Imbauan kami warga tetap bersabar menunggu blangko e-KTP tersedia. Persoalan ini tidak hanya terjadi di Klaten melainkan menjadi persoalan di daerah lainnya juga yang harus segera diselesaikan,” urai dia.

Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Klaten, Sri Hartanto, mengatakan kekosongan blangko e-KTP sudah terjadi sejak akhir November lalu. Saat ini, daftar tunggu pencetakan menembus 35.000 orang.

Baca pula: Polisi Tembak 2 Pencuri Spesialis Pecah Kaca Mobil Di Klaten

“Rinciannya, 10.000 orang merupakan baru rekam data e-KTP atau belum pernah memiliki e-KTP. Sementara, sekitar 25.000 orang pernah melakukan perekaman data e-KTP namun meminta pencetakan baru karena hilang, rusak, pindah domisili, dan lainnya,” jelas Sri Hartanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya