SOLOPOS.COM - Masjid Raka Sheikh Zayed Soloterlihat dari skybridge penghubung Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Solo Balapan, Minggu (25/12/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Selain menjadi jembatan penghubung Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Solo Balapan, skybridge juga menyimpan potensi wisata yang belum tergarap. Dari pemandangan Kota Solo hingga Masjid Raya Sheikh Zayed bisa dinikmati di jembatan tersebut.

Solopos.com mencoba menyusuri dan menikmati pemandangan di kanan-kiri skybridge pada Minggu (25/12/2022). Masuk dari pintu di Terminal Tirtonadi ke arah Stasiun Solo Balapan, pemandangan Masjid Raya Sheikh Zayed langsung terlihat dari kejauhan.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kubah-kubahnya yang tinggi berwarna putih langsung tampak dengan jelas pada beberapa langkah saja dari pintu memasuki skybridge. Masjid Raya Sheikh Zayed bak mengikuti langkah kita saat berjalan menyusuri di skybridge Solo.

Apalagi pantulan dari sinar matahari membuat lapisan marmer putih dari Italia di kubah memantulkan cahaya yang menyilaukan mata. Dari kejauhan, kemegahan Masjid Raya Sheikh Zayed memesona siapa pun yang melihatnya.

Jika beruntung, ada pemandangan menarik di Masjid Raya Sheikh Zayed, yakni ketika sekumpulan burung terbang memutari kubah masjid yang elegan tersebut. Pemandangan itu, terutama di sore hari, menyajikan gambaran urban yang modern berpadu dengan harmoni alam yang indah.

Baca Juga: Punya View Masjid Sheikh Zayed, Skybridge Solo akan Dijadikan Objek Wisata Baru

Yang menarik, semakin dekat menuju Stasiun Solo Balapan, detail-detail Masjid Raya Sheikh Zayed semakin terlihat. Pengunjung atau pengguna skybridge bisa menyaksikan sisi selatan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Di posisi itu, detail warna bagian pucuk dari kubahnya yang berwarna emas, lengkap dengan kusutnya kabel listrik dan rel kereta api. Dari Stasiun Solo Balapan juga tampak Masjid Raya Sheikh Zayed dengan sudut pandang berbeda.

Dilewati 10.000 Orang per Bulan

Bagian kubah terlihat menonjol dari bawah. Potensi inilah yang coba digarap oleh pengelola Terminal Tirtonadi, yang ingin menjadikan skybridge menjadi lokasi wisata baru di Kota Solo. Pemandangan Masjid Raya Sheikh Zayed yang memukau menjadi daya tarik.

Baca Juga: Camat Banjarsari Usul Ada Banana Boat dan Flying Fox di Bendung Tirtonadi Solo

Ditambah lagi, jumlah pengguna skybridge juga terus bertambah. Pengelola Terminal Tirtonadi Solo mendata sejak Oktober 2022 setidaknya ada 10.000 orang melewati skybridge ini setiap bulannya.

“Angkanya terus naik mendekati akhir tahun. Maka dari itu kami melihat potensi pengembangan wisata di skybrigde,” jelas Kepala Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto, saat diwawancari Solopos.com, Minggu (25/12/2022).

Menurut Joko, pengguna skybridge, baik yang berwisata ataupun sekadar lewat bisa menikmati pemandangan Kota Solo, termasuk keindahan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan. Masjid itu terlihat jelas dari skybridge.

Baca Juga: Hore! Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan Solo akan Dibuka Januari 2023

“Jadi yang dari terminal menuju stasiun atau sebaliknya juga bisa menikmati pemandangan di Kota Solo,” lanjut Joko. Ia menambahkan sempat ada event lomba menggambar untuk anak-anak beberapa waktu lalu di skybridge.

Menurut Joko, hal itu menunjukkan potensi yang luas dari skybridge tersebut. “Acaranya juga ramai dan sekitar 50 peserta bisa berkarya dengan nyaman dan para pengguna reguler juga tidak merasa terganggu. Mungkin bisa diuji coba untuk membuat event lain seperti thrifting atau acara lain.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya