Tutup Iklan
Bermain Bagi Orang Dewasa Bawa Segudang Manfaat
Ilustrasi orang dewasa bermain puzzle. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Usia bukan penghalang untuk bermain karena aneka manfaat bermain bisa dirasakan tak hanya oleh anak-anak tapi juga orang dewasa.

Tak sekadar menghabiskan waktu luang dengan bersenang-senang, ada manfaat lain yang didapatkan orang dewasa dengan bermain.

Psikolog Anna Surti Ariani mengemukakan beberapa manfaat bermain bagi orang dewasa, salah satunya membuat badan lebih sehat.

"Terutama ketika melakukan permainan-permainan yang bentuknya seperti olahraga," kata Anna, dikutip dari Antara, Sabtu (25/7/2020).

Mengelola Gaji Bagi Pekerja Milenial, Bye-Bye Gali Lubang Tutup Lubang

Dia menambahkan bermain juga bisa menjadi sarana mengekspresikan emosi karena seseorang melakukan kegiatan yang dapat membuatnya tertawa girang hingga berteriak penuh semangat.

Anna menguraikan bagi anak, bermain adalah salah satu cara mengembangkan kemampuan sosial, sementara bagi orang dewasa, bermain bisa jadi sarana mengeratkan hubungan dengan orang lain.

"Apalagi ketika bermain bersama dengan orang lain," katanya.

Begini Cara Tepat Turunkan Berat Badan dengan Santan

Melalui permainan, utamanya permainan yang bisa dilakukan sendirian seperti puzzle, seseorang bisa punya waktu berkualitas sendirian. Selain itu, bermain bisa membuat Anda mengenal lebih dalam tentang diri sendiri.

Sementara permainan yang membutuhkan strategi bukan cuma ber-manfaat untuk menghibur, tapi dapat mengasah kecerdasan.

"Bentuk permainannya bisa sama dengan anak-anak ataupun berbeda. contoh-contoh permainan dewasa seperti permainan kartu, board game hingga olahraga," jelas dia.

Produktivitas Kerja Tinggi

Bermain bagi orang dewasa juga memiliki banyak manfaat seperti dilansir Real Simple yang dikutip liputan6.com:

1. Bermain bikin lebih produktif
Suasana santai penuh gelak tawa pada saat meeting tentu lebih menyenangkan dibanding suasana formal dan kaku. Bahkan meeting dengan suasana cair bisa menghasilkan interaksi tim yang lebih baik dan produktivitas kerja lebih tinggi seperti terungkap dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Psychology 2014.

2. Bermain bisa membuat tertawa
Studi yang dilakukan peneliti dari Loma Linda University California, Amerika Serikat memperlihatkan peserta menonton video lucu, sementara kelompok lainnya tidak melakukan apa-apa. Ternyata pada mereka yang menonton video lucu, hormon penyebab stres bernama kortisol rendah.

Ini Dia! 4 Olahraga yang Bisa Jadi Obat Insomnia

3. Bermain membakar kalori
Permainan fisik seperti bermain dengan anjing hingga futsal dengan teman-teman sama dengan kegiatan olahraga yang tentunya baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, berjalan-jalan dengan anjing membantu bakar kalori 230 per jam atau Anda bisa bakar 500 kalori per jam bila memilih bermain sepak bola.

4. Bermain merangsang memori lebih optimal
Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam PNAS Online baru-baru ini, permainan yang menggunakan ingatan mampu merangsang peningkatan kinerja sel abu-abu (bagian yang terkait dengan kecerdasan) di otak.

5. Tingkatkan hubungan pasangan
Journal Motivation and Emotion tahun 2007 mengungkap pasangan yang sering melakukan aneka permainan, bernostalgia atas pengalaman lucu di masa lalu dapat menyebabkan kepuasaan hubungan yang lebih besar.

Sumber: Antara, liputan6.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho