SOLOPOS.COM - Ilustrasi berat badan naik tiba-tiba (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Berat badan naik tiba-tiba pada pria harus mendapat perhatian. Cari tahu penyebabnya untuk mengatasinya.

Lalu apa sajakah penyebab berat badan naik tiba-tiba? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini ya. Menurut Direktur di John Hopkins Weight Management Center, Lawrence Cheskin, pria yang mengalami kenaikan berat badan secara mendadak perlu diwaspadai. Pasalnya, hal tersebut merupakan sebuah tanda adanya masalah kesehatan.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Terutama, bagi pria yang sebelumnya telah memiliki berat badan yang stabil. Ada banyak penyebab berat badan naik tiba-tiba. Ketahui penyebabnya agar bisa dicari solusi dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Gisel Sempat Ingin Bohong, Tak Mau Akui Sebagai Pemeran Video Syur

Dikutip dari laman Men’s Health dan detikcom, Rabu (24/3/2021), berikut penyebab berat badan naik tiba-tiba:

1. Mengonsumsi terlalu banyak garam

Konsumsi sodium berlebihan dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak air, kata Cheskin. Air memiliki berat dan volume, sehingga jika kamu merasa terlalu banyak mengonsumsi makanan asin setiap hari hal ini bisa jadi salah satu penyebab.

Makanan yang dijual di restoran, khususnya fast food, cenderung mengandung banyak sodium. Tak hanya itu, makanan yang kamu makan di rumah juga mungkin saja mengandung sodium dalam tingkat tinggi, seperti roti, sandwich, dan daging.

2. Sedang dalam masa pengobatan

Menurut Direktur Pengobatan Obesitas di Bariatric and Metabolic Institute di Cleveland Clinic, W. Scott Butsch,  mengonsumsi obat-obatan dapat meningkatkan risiko obesitas sebanyak 15 persen.

Pengobatan mengatasi depresi dan penyakit jantung merupakan dua jenis pengobatan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, Butsch juga mengatakan bahwa obat tidur, painkiller, obat alergi, dan obat untuk meningkatkan hormon juga dapat mempengaruhi berat badan.

3. Terlalu banyak makan

Penyebab lain berat badan naik tiba-tiba yaitu terlalu banyak makan. Ya, mengonsumsi terlalu banyak makanan dapat menyebabkan berat badan mudah naik. Apa lagi, saat kamu sedang dalam masa peningkatan kalori.

Baca Juga: Tante Ernie Bersyukur Sudah Negatif Covid-19

Salah satu hal utama yang harus diperhatikan adalah melihat seberapa banyak makanan yang kamu konsumsi beberapa saat terakhir.

4. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat

Jika sebelumnya kamu menerapkan diet keto atau diet rendah kalori, kemudian kamu mengubah dietnya menjadi diet yang mengonsumsi biji-bijian dan tepung, maka tak perlu heran jika berat badan kamu naik mendadak. Sebab, karbohidrat yang terkandung dalam makanan tersebut akan menumpuk di otot dan ginjal sebagai glikogen. Perlu diketahui, satu gram glikogen mengandung tiga gram air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya