SOLOPOS.COM - Tanah lapang di Makkah, Arab Saudi menghijau. (Twitter/@theholymosques)

Solopos.com, SOLO — Baru-baru ini jagat media sosial dihebohkan dengan potret pegunungan di Arab Saudi yang menghijau dan ada yang mengaitkan dengan tanda-tanda kiamat, benarkah demikian?

Dalam potret dan video yang banyak diunggah di media sosial terlihat pengunungan yang ada di Arab Saudi tertutup oleh tanaman hijau dan rerumputan yang mulai tumbuh.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Penampakan ini berbeda dengan sebelum-belumnya karena pegunungan maupun tanah di Arab Saudi identik dengan kering, tandus, dan gersang, khas daerah gurun.

Nah, pegunungan Arab Saudi yang menghijau ini banyak yang mengaitkannya dengan tanda-tanda kiamat. Hal ini dikarenakan ada sebuah hadis dari Abu Hurairah ra yang berbunyi sebagai berikut.

“Tidak akan tiba hari kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai.”

Imam an-Nawawi pun menjelaskan hadis tersebut sebagai berikut. “Maknanya adalah sesungguhnya mereka meninggalkan dan enggan (mengurusnya), sehingga tanah tersebut terabaikan, tidak ditanami juga tidak disirami dengan air. Hal itu disebabkan oleh sedikitnya kaum pria, banyaknya peperangan, fitnah yang terus-menerus terjadi, dekatnya Kiamat, pendeknya cita-cita dan tidak adanya kesempatan dan perhatian untuk hal itu.”

Mengutip dari Almanhaj.or.id, terkait pegunungan Arab Saudi menghijau dikaitkan sebagai tanda-tanda kiamat, Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil dalam kitab Asyraathus Saa’ah menjelaskan hal tersebut.

Menurut Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil, tanah Arab adalah padang pasir yang tidak berair, sedikit tumbuhan, dan kebanyakan airnya berasal dari sumur juga air hujan, maka ketika tanah tersebut ditinggalkan, sementara pemiliknya tidak sempat untuk bercocok tanam, maka semua tumbuhannya akan mati dan tidak kembali menjadi hijau dengan rerumputan dan sungai-sungai.

Hadis tersebut dimaknai negeri-negeri Arab akan dilimpahi dengan air yang banyak, sehingga menjadi beberapa sungai, tumbuh di atasnya berbagai macam tumbuhan sehingga menjadi padang rumput, kebun-kebun, dan hutan-hutan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini terdapat tanda-tanda kiamat dalam hadis Rasulullah SAW, yang dikutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online.

  1. Munculnya kabut.
  2. Munculnya Dajjal.
  3. Munculnya Dabbah, yakni hewan melata yang bisa berbicara.
  4. Terbitnya Matahari dari barat.
  5. Keluarnya kaum keji Ya’juj dan Ma’juj.
  6. Munculnya Isa bin Maryam.
  7.  Adanya tiga gerhana di timur.
  8. Gerhana di barat.
  9. Gerhana di jazirah Arab.
  10. Adanya api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya