SOLOPOS.COM - Ilustrasi mandi (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Apakah mandi sebelum salat Jumat hukumnya diwajibkan dalam ajaran Islam? Pertanyaan tersebut kerap ditanyakan oleh umat muslim yang ditujukan ulama atau pun para ustaz.

Jumat merupakan hari yang paling mulia dalam Islam. Dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat banyak amalan utama dan kesunahan. Umat muslim laki-laki diwajibkan salat Jumat pada hari tersebut dan mengerjakan amalan sunah sebelumnya.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Salah satu amalan yang biasa dilakukan sebelum salat Jumat adalah mandi. Anjuran mandi tersebut terdapat dalam hadis riwayat Ibnu Abbas. “Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak).” (HR Ibnu Majah).

Terkait mandi sebelum salat Jumat, apakah hal tersebut hukumnya wajib?

Mengutip informasi di Rumaysho.com, mandi Jumat hukumnya adalah sunah dan bukan kewajiban. Seseorang yang meninggalkan mandi Jumat tidak berdosa.

“Mandi Jumat adalah sunah dan bukanlah wajib yang menyebabkan seseorang jika meninggalkannya menjadi berdosa. Hal ini tidak ada beda pendapat di antara kami ulama Syafi’iyah. Mayoritas ulama menyatakan bahwa siapa saja yang menghadiri salat Jumat baik itu pria, wanita, anak-anak, musafir, budak, dan selainnya tetap disunahkan untuk mandi Jumat. Hal inilah yang jelas nampak pada hadits Ibnu ‘Umar. Karena memang maksud mandi Jumat adalah untuk membersihkan diri. Mereka yang disebutkan tadi sama dalam hal ini. Sedangkan orang-orang yang tidak menghadiri shalat Jumat, tidak disunnahkan untuk mandi Jumat–meskipun ia terkena kewajiban salat Jumat (namun ia meninggalkannya karena uzur). Hal ini disebabkan ketika itu maksud untuk mandi Jumat telah hilang. Dalam hadis Ibnu ‘Umar disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa menghadiri salat Jumat baik laki-laki maupun perempuan, maka hendaklah ia mandi. Sedangkan yang tidak menghadirinya –baik laki-laki maupun perempuan-, maka ia tidak punya keharusan untuk mandi.” penjelasan Imam Nawawi dalam Al-Majmu.

Hukumnya tidak diwajibkan, lalu kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan mandi sebelum salat Jumat?

Berdasarkan keterangan Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online, Syekh M Nawawi berpendapat, waktu kesunahan mandi Jumat adalah dari terbit fajar shadiq atau masuknya waktu subuh sampai khatib naik mimbar. Tetapi, waktu yang paling baik untuk mandi adalah ketika hendak ke masjid. Misalkan, jam 11.30 mau ke masjid, maka seketika itu kita disunahkan mandi sebelum berangkat karena salah satu tujuan dari mandi Jumat adalah untuk menghilangkan bau tidak enak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya