Tutup Iklan

Benarkah Berhubungan Intim Bantu Tidur Lebih Pulas? Ini Penjelasannya

Ada pendapat hubungan intim yang memuaskan bersama pasangan bisa bantu tidur lebih pulas dan mengatasi gangguan tidur, termasuk insomnia.

 Ilustrasi hubungan intim (Dok/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hubungan intim (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO-Ada pendapat hubungan intim yang memuaskan bersama pasangan bisa bantu tidur lebih pulas dan mengatasi gangguan tidur, termasuk insomnia. Sedangkan cara alami lainnya untuk mengatasi gangguan tidur adalah dengan berolahraga dan mengurangi kebiasaan bermain gadget sebelum tidur.

Ada ahli mengatakan belum ada bukti klinis yang kuat untuk menunjukkan bahwa berhubungan intim bisa membuat Anda tidur lebih pulas. Kendati demikian mekanisme dasarnya berhubungan intim memang membantu melepaskan bahan kimia tertentu dalam tubuh yang membantu Anda tidur lebih nyenyak. Bahan kimia yang dilepaskan ketika berhubungan seks itu disebut hormon oksitosin.

Namun sejumlah penelitian menunjukkan orgasme yang baik setelah berhubungan intim bisa membantu tidur lebih pulas. Sebuah studi pada 2017 dari CQUniversity di Adelaide, Australia, menemukan bahwa lebih dari 60 persen dari 282 orang dewasa yang diteliti mengaku tidur lebih nyenyak setelah berhubungan seks sampai klimaks.

Baca Juga: Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Pelatih ilmu tidur bersertifikat di SleepZoo, Chris Brantner, mengatakan wanita juga mengalami peningkatan kadar estrogen setelah berhubungan intim. Hal ini membantu meningkatkan tidur REM, jenis yang regeneratif.  Sedangkan, pria mengalami lonjakan prolaktin setelah berhubungan seks, yang menyebabkan rasa lelah dan membuat tidur lebih nyenyak.

Namun, Chris Brantner juga menyarankan semua orang untuk tidur malam dalam jumlah cukup, yakni antara 7 hingga 8 jam setiap malam. Karena, tidur cukup juga memengaruhi libido seseorang. “Kurang tidur membuat hormon Anda rusak dan menurunkan testosteron, yang penting untuk dorongan seks pria dan wanita. Kurang tidur juga berdampak negatif pada tingkat energi dan suasana hati yang bisa menurunkan libido,” jelasnya seperti dikutip dari Suara.com, Minggu (24/10/2021).

Seorang ahli saraf Sutter Health, Amer Khan, mengatakan pelepasan hormon oksitosin terjadi sehubungan dengan perasaan kasih sayang atau sentuhan sensual, yang mengarah pada perasaan menyenangkan, kesejahteraan dan stres.

Baca Juga: Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

“Ada pula hormon lain yang juga dilepaskan seperti dopamin, prolaktin dan progesteron. Semua hormon itu memengaruhi pikiran dengan rasa lega, relaksasi dan kantuk setelah berhubungan seks yang memuaskan,” kata Amer Khan dikutip dari Healthline.

Tapi, setiap orang berbeda-beda. Bahan kimia yang mengalir melalui otak Anda tepat pada waktu tidur mungkin merangsang dan membangunkan atau memicu tidur.
Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Ottawa menunjukkan bahwa melakukan hubungan seks sebelum tidur bisa mengurangi stres dan membantu penderita insomnia mengatasi masalahnya.

Meski begitu, Khan berpendapat bahwa studi skala besar diperlukan untuk mengeksplorasi subjek secara lebih detail mengenai keterkaitan hubungan seks dan tidur.  Tapi, Khan menyarankan semua orang untuk menikmati waktu bersama dengan pasangan. Karena, kebersamaan fisik, emosional dan mental lebih penting daripada fokus pada kebutuhan seks untuk mencapai orgasme sebelum tidur.

 

 


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.

Mengawali Gerakan Literasi Halal

Negara memiliki kewajiban untuk menghadirkan produk halal yang siap dikonsumsi masyarakat.

Viral! Perempuan Mirip Vanessa Angel, Netizen Sebut Reinkarnasi

Seorang perempuan yang berjoget Tiktok diangap memiliki wajah yang mirip Vanessa Angel menjadi viral dan menyebutnya reinkarnasi

Pria dengan Weton Ini Mudah Selingkuh, Cek Yuk!

Nah, kalau pasanganmu mudah selingkuh coba dicek apakah dia merupakan salah satu pria dengan weton Jawa ini.

Studi Ungkap Plastik Picu Penyakit Kardiovaskular dan Kolesterol

Paparan bahan kimia terkait plastik, seperti bahan kimia dasar bisphenol A dan plasticizer ftalat, dapat picu dan tingkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Galon Isi Ulang Terancam Hilang Karena BPA, Ini Dampak BPA pada Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dari wadah yang dibuat dengan BPA.

Mitos Larangan Menikah Anak Pertama dengan Ketiga, Ada yang Percaya?

Terdapat mitos di Jawa soal larangan menikah antara anak pertama dengan ketiga yang dikenal nikah lusan. Adakah yang percaya?

Adakah Doa untuk Minta Jodoh dengan orang yang Dicintai dalam Islam?

Apakah kira-kira ada dan diperbolehkan doa meminta berjodoh dengan orang yang kamu cintai? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

7 Makanan Ini Bisa Mencegah Kanker Sejak Usia Muda

Ada sejumlah makanan yang bisa mencegah kanker sejak dini, apa saja?

Sudah Siap Menikah Tetapi Pasangan Ternyata Positif HIV? Lakukan Ini

Jangan sedih, sekali pun pasangan ternyata positif HIV Anda berdua tetap bisa menikah.

Viral Ketahuan Selingkuh Lewat Aplikasi PeduliLindungi, Ini Cara Ceknya

Cuitan perihal pasangan ketahuan selingkuh lewat aplikasi PeduliLindungi itu langsung menuai beragam reaksi warganet.

Mimpi Ditangkap Polisi, Apakah Pertanda Bakal Dapat Masalah?

Saat tidur dan kita mimpi ditangkap polisi tentu bikin deg-degan dan waswas, kira-kira pertanda apa ya?