SOLOPOS.COM - Petugas Kantor Pertanahan Wonogiri menggelar upacara memeringati HUT ke-62 Undang-Undang Agraria di halaman kantor pertanahan setempat, Senin (26/9/2022). (Istimewa/Humas Kantor Pertanahan Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRIAplikasi Sego Tiwul telah diluncurkan Kantor Pertanahan Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Wonogiri sejak 2021. Aplikasi itu menjadi inovasi dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Sego Tiwul dalam aplikasi ini merupakan singkatan dari Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul. Melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa dengan cepat mengurus surat-surat pertanahan. Masyarakat dapat mengakses layanan itu melalui laman 202.145.13.82:8000/pendaftaran.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berikut cara mengakses Aplikasi Sego Tiwul di BPN Wonogiri:

1. Buka laman resmi Kantor Pertanahan Wonogiri  di https://kab-wonogiri.atrbpn.go.id melalui smartphone atau komputer.

2. Cari fitur Sego Tiwul.

Baca Juga: Terkuak! Sejumlah Sengketa Tanah di Wonogiri Bermula saat Utang ke Rentenir

3. Klik fitur Sego Tiwul lalu akan dipindahkan ke laman 202.145.13.82:8000/pendaftaran.

4. Unggah berkas yang sudah difoto atau dipindai sesuai syarat yang sudah ditentukan di formulir yang sudah tersedia pada laman tersebut.

5. Setelah selesai unggah, bawa berkas fisik ke Kantor Pertanahan untuk mengutus surat yang dimohonkan.

6. Kantor Pertanahan berkomitmen pengurusan surat pertanahan selesai dalam waktu 60 menit.

Baca Juga: PTSL di Wonogiri Sisakan 3.000 Bidang Tanah Lagi, 2023 Ditarget Rampung

Kepala Kantor Pertanahan Wonogiri, Heru Muljanto, berharap langkah itu semakin mempermudah masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah dan menghindari calo.

“Masyarakat bisa mengurus sertifikat tanah melalui telepon genggam [smartphone]. Aplikasi ini masih berbasis website. Ke depan kami akan tingkatkan menjadi software sendiri yang bisa diunduh di playstore,” katanya kepada wartawan di Kantor Pertanahan Wonogiri, Senin (26/9/2022).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya