Beda dengan Solo, Pendaftaran Bantuan UMKM Rp2,4 Juta di Wonogiri via Online
Warga menyerahkan berkas persyaratan program bantuan stimulus modal usaha kepada petugas (kanan) di Kantor Dinas KUKM Perindag Wonogiri, Selasa (11/8/2020). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Pendaftaran program bantuan produktif bagi pelaku usaha ultramikro dan mikro atau UMKM di Wonogiri dilakukan secara online. Hal tersebut membuat pendaftaran bantuan ini bebas kerumunan, tidak seperti yang terjadi di Kota Solo.

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran bantuan UMKM Rp2,4 juta di Solo menimbulkan kerumunan di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Solo. Ratusan UMKM berkumpul untuk mendaftar.

Di Wonogiri, pendaftaran bantuan produktif untuk UMKM itu dibuka secara online pada 10-28 Agustus 2020. Artinya, waktu yang diberikan lebih lama.

Video Aksi Jerinx SID Dipuji Tamara Bleszynski

Sementara untuk memudahkan pendaftar, Pemkab Wonogiri membagi pendaftaran dalam lima link pendaftaran bantuan UMKM sesuai wilayah eks-kawedanan/distrik yang telah ditentukan.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan atau KUKM Perindag Wonogiri, Widodo, mengatakan UMKM bisa mengakses bantuan dengan mendaftar di salah satu dari lima link.

Link tersebut merujuk pada lima distrik, yakni Distrik Wonogiri, Wuryantoro, Purwantoro, Jatisrono, dan Baturetno. Satu distrik mengaver beberapa kecamatan di Wonogiri.

Solopos Hari Ini: Makin Waspada

Berkas Diserahkan di Kantor Dinas

Dia mencontohkan pelaku usaha di Kecamatan Sidoharjo dapat mendaftar melalui link kelompok kecamatan eks-distrik Jatisrono, yakni bit.ly/datadistrikjatisrono. Di link tersebut pendaftar bantuan produktif UMKM di Wonogiri harus mengunggah beberapa berkas sebagai persyaratan.

“Kalau sudah mengakses link, pemohon mengisi data yang diminta, seperti nama, NIK [nomor induk kependudukan], alamat sesuai KTP [kartu tanda penduduk] bidang usaha, alamat tempat usaha. Mengunggah file foto KTP yang ukurannya maksimal 1 MB. Lebih dari ukuran itu tidak bisa terunggah,” kata Widodo mewakili kepala dinasnya, Wahyu Widayati, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Selasa (11/8/2020).

Peringkat Investasi Soloraya: Boyolali Favorit Investor Domestik, Wonogiri Paling Bluk

Link dapat diakses selama 24 jam. Syarat lain yang harus dilengkapi untuk mendaftar bantuan bagi UMKM di Wonogiri, yakni menyerahkan surat keterangan usaha dari desa/kelurahan dan surat pernyataan pemohon bermaterai Rp6.000.

Formulir surat pernyataan dapat diunduh di link pendaftaran. Kedua surat tersebut diserahkan kepada petugas Bidang KUKM di Kantor Dinas KUKM Perindag, Jl. R.M. Said No. 3 Wonogiri. Lantaran hanya menyerahkan sedikit berkas, di Wonogiri tidak terjadi antrean panjang.

Penyerahan berkas dapat dilakukan di hari yang sama saat mendaftarkan diri melalui link atau di hari lain setelah mendaftar melalui link. Penyerahan berkas bantuan UMKM di Wonogiri ini dibuka hanya selama jam kerja. “Pendaftaran melalui link dan penyerahan berkas pokoknya paling lambat 28 Agustus. Setelah itu tidak dapat diproses,” imbuh Widodo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom