SOLOPOS.COM - Pedagang angkringan di kawasan Alun-alun Klaten membuka warung mereka lebih awal ketimbang biasanya menyusul ada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai Senin (11/1/2021) hingga Senin (25/1/2021). (Taufiq Sidik Prakoso/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda perbedaan dari angkringan yang berada di Solo, Jawa Tengah dengan di Jogja?

Seperti diketahui, angkringan atau biasa juga disebut dengan wedangan atau hik kerap ditemukan di dua kota ini. Padahal berdasarkan asal usulnya, angkringan tidak berasal dari dua daerah ini, melainkan sebuah desa di Klaten, Jawa Tengah, yakni Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Hingga sekarang, angkringan sudah tersebar ke pelosok Indonesia, dari Solo, Semarang, Jogja, Aceh, Lampung, Jawa Barat, sampai Kalimantan. Eksistensi angkringan sudah tak diragukan lagi.

Baca Juga: Sinopsis A Business Proposal, Drakor yang Tayang 21 Februari 2022

Tetapi, tahukah Anda perbedaan antara angkringan di Solo dengan Jogja?

Dari pengamatan Solopos.com, perbedaan angkringan di dua kota ini terletak pada menu makanannya, berupa nasi kucing dan juga minuman khasnya.

Di Jogja, terdapat kopi jos yang merupakan kopi panas yang disajikan dengan memasukkan arang membara ke dalam gelas.

Baca Juga:  Bukan Rp200 Juta, Kamu Bisa Dapat Daihatsu Rocky dengan Harga Rp90.000

Karena membara, ketika dimasukkan ke dalam segelas kopi panas akan terdengar suara yang khas, seperti suara letupan. Itu perbedaan pertama dari angkringan di Solo dan Jogja.

Sementara itu, di Solo, kamu bakal menemukan minuman khas yang tidak ditemukan di wilayah lain di luar Soloraya, yakni teh kampul.

Baca Juga:  Viral Bakul Gorengan Dandan Ala Nyi Blorong, Dibanjiri Pujian dan Doa

Masyarakat Solo biasanya menyebut es teh tersebut dengan nama es teh kampul. Hal ini dikarenakan es tehnya dicampur dengan irisan jeruk peras yang terapung-apung di dalam air teh.

Beda Angkringan Solo dan Jogja versi Netizen

Bukan hanya minuman, perbedaan selanjutnya angkringan di Solo dan Jogja juga terletak di makanannya.

Angkringan di Jogja dan Solo sama-sama menyajikan menu yang sama, yakni nasi kucing. Namun, perbedaannya terletak pada isinya.

Untuk angkringan di Jogja, nasi kucing biasanya berisi sambal teri, sedangkan di Solo, nasi kucing berisi nasi bandeng.

Baca Juga:  Viral Penyanyi Mirip Didi Kempot, Ternyata Ini Hlo Orangnya

Hal ini pun dibenarkan oleh netizen yang berkomentar di unggahan pengelola akun Instagram @koransolopos. Ada salah satu netizen yang menyinggung mengenai menu makanan yang berbeda dari angkringan di Solo dengan Jogja.

Solo=Sego bandeng, Jogja=Sego teri 3, kadang terinya cm kepalanya. Solo wedang jahenya dan tehnya lebih jozzz rasanya, di Jogja lbh plain rasanya. Di Solo kadang masih ada jadah bakar, di Jogja belum nemu,” ungkap netizen tersebut.

Baca Juga:  Rekaman CCTV Kecelakaan Vanessa Bikin Netizen Ngeri dan Ingat Gala

Selain itu, ada pula netizen yang menyebut pilihan menu makanan di angkringan Solo lebih banyak dibandingkan dengan Jogja. “Angkringan solo lebih banyak menunya dan lebih variatif jajanannya..solo lebih ke makan, jogja lebih ke nongkrong..biasanya jogja kalau makan lsg ke warmindo..jogja jg lebih banyak warmindo drpd angkringan,” terang netizen bersangkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya