SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

JAKARTA — Kementerian Perhubungan menyatakan baru tiga maskapai nasional yang mendapat rute penerbangan bekas Batavia Air, bagi maskapai lain yang berminat syaratnya harus mau mengangkut gratis calon penumpang maskapai yang setop operasi sejak 31 Januari 2013 itu.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengatakan masih tiga maskapai yang mendapat rute bekas Batavia Air, yakni Citilink Indonesia, Mandala Airlines, dan Travel Express.

“Ketiga maskapai ini mendapat rute bekas Batavia Air karena sudah terlebih dahulu menerbangkan calon penumpang Batavia secara gratis. Kalau mereka tidak mau menerbangkan gratis, tidak akan dapat rute,” kata Djoko kepada Bisnis.com, Rabu (6/2/2013).

Djoko menambahkan bagi maskapai lain yang berminat mengambil rute bekas Batavia Air dipersilahkan, asalkan maskapai itu mau mengangkut secara gratis calon penumpang Batavia yang terlanjur membeli tiket. Menurutnya, memang ada maskapai lain yang sudah datang untuk meminta rute bekas Batavia Air, yakni Indonesia Air Asia. Namun maskapai ini masih menimbang-nimbang rute yang tersisa apakah bisa diterbangi yang disesuaikan dengan jumlah pesawatnya.

Djoko menjelaskan hingga kini sudah 25 rute bekas Batavia Air yang sudah dibagikan kepada Citilink Indonesia, Mandala Airlines, dan Travel Express. Adapun total rute sebanyak 64 rute domestik dan internasional. “Dari 25 rute itu, empat rute diantaranya masih dalam proses untuk Citilink, yakni rute Jakarta-Bengkulu, Jakarta-Malang, Jakarta-Jambi, dan Jakarta-Balikpapan,” kata Djoko.

Djoko menjelaskan Citilink mendapat 11 rute plus 4 rute yang masih proses, selanjutnya Mandala Airlines mendapat enam rute dan Travel Express mendapatkan empat rute. Keempat rute yang masih diajukan Citilink ini, untuk Jakarta-Bengkulu, baru diajukan per 5 Februari 2013, untuk Jakarta-Malang masih proses dengan frekuensi tujuh kali seminggu. Menurutnya, 64 rute bekas Batavia Air itu termasuk 22 rute yang sempat ditutup, karena hingga setop operasi, Batavia Air hanya meninggalkan 42 rute domestik dan 6 rute internasional.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan mengatakan saat ini dipersiapkan administrasi perizinan untuk Citilink. Untuk jadwal baru ex Batavia, akan dilayani Citilink paling lama 2 minggu untuk persiapan operasional. “Manajamen Citilink menyatakan mulai melayani penumpang ex Batavia mulai Selasa, 5 Februari 2013 di rute-rute yang selama dilayani Citilink. Travel Express mulai melayani penumpang ex Batavia mulai Senen, 4 Februari 2013 untuk rute Jakarta-Tanjung Karang dua kali sehari dan Pontianak-Yogyakarta dua kali sehari,” katanya.

Dia menjelaskan pemberian izin rute mempertimbangkan supply (pasokan) dan demand (permintaan). Bila satu rute ex Batavia sudah diizinkan kepada satu maskapai, tidak akan diserahkan kepada yang lain. Contoh, rute Jakarta-Pekanbaru, bekas Batavia, sudah diserahkan kepada Mandala, maka saat Travel Express mengajukan permohonan tidak dikabulkan. “Prinsipnya tidak ada penambahan slot time hanya pengalihan . Jadi keseimbangan tetap terjaga.”

Menurut Bambang, rute adalah resources yang terbuka, diberikan berdasarkan pertimbangan supply and demand. Pengalihan tidak ada masalah. Bila ada rute baru yang ditawarkan terbuka untuk semua, sekali sudah ada yang menawar lebih dahulu, maka dia mendapat keistimewaan (atau dikenal dengan virigin route) sesuai Keputusan Menteri Perhubungan No.25.

“Rute yang dilayani Batavia Air adalah rute yang sudah tumbuh dan matang, sehingga secara jangka pendek pun sudah menjanjikan. Maskapai pasti sudah memperhitungkan. Diperkirakan biaya tersebut lebih kecil dibandingkan biaya untuk memulai rute baru, yang memerlukan sekitar 6-12 bulan untuk tumbuh, semua maskapai pasti sudah saling intip load factor kompetitor,” tuturnya.

Presiden Direktur Mandala Airlines Paul Rombeek mengatakan pihaknya membantu 1.418 penumpang Batavia melakukan booking ulang di empat rute yang ditawarkan, terhitung sejak 1 Februari 2013.

“Dalam kurun waktu tiga hari, Mandala telah menerbangkan 348 penumpang Batavia dan sejumlah penumpang lainnya telah dijadwalkan untuk terbang hingga akhir April nanti,” kata Rombeek.

Dia menjelaskan sampai dengan Senin, 4 Februari 2013, Mandala telah menerima 1.518 email dari penumpang seputar penjelasan informasi terkait booking ulang dan permintaan booking ulang. Mandala juga telah mengoperasikan penerbangan ke Pekanbaru untuk melayani kebutuhan para penumpang yang terkena dampak.

Rute-rute bekas Batavia yang diambil alih tiga maskapai

Citilink, 11 rute dan 4 rute masih proses

1. Surabaya-Lombok (pergi-pulang/PP)

2. Jakarta-Batam (PP)

3. Makasar-Jakarta

4. Jakarta-Denpasar (PP)

5. Jakarta-Semarang (PP)

6. Jakarta-Yogyakarta (PP)

7. Jakarta-Pangkal Pinang (PP)

8. Jakarta-Tanjung Pandan (PP)

9. Surabaya-Palu (PP)

10. Kupang-Surabaya (PP)

11.Jakarta-Kupang (PP)

Empat yang masih proses:

1. Jakarta-Bengkulu

2. Jakarta-Malang

3. Jakarta-Jambi

4. Jakarta-Balikpapan

Mandala Airlines, enam rute



1. Jakarta-Pekanbaru (PP)

2. Jakarta-Padang (PP)

3. Jakarta-Surabaya (PP)

4. Jakarta-Singapura (PP)

5. Jakarta-Pontianak (PP)

6. Jakarta-Batam (PP)

Travel Express, empat rute

1. Yogyakarta-Pontianak (PP)

2. Jakarta-Tanjung Karang (PP)



3. Pontianak-Batam (PP)

4. Batam-Tanjung Karang (PP)

Sumber: Ditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Februari 2013





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Info Jadwal Samsat Keliling Karanganyar Hari Ini 26 April 2024

Info Jadwal Samsat Keliling Karanganyar Hari Ini 26 April 2024
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Jumat, 26 April 2024 - 06:35 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Samsat Keliling Karanganyar. (Instagram/@samsat_karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Untuk mendorong pendapatan daerah serta memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, UPPD/Samsat Karanganyar mengadakan layanan keliling di sejumlah daerah.

Berikut ini informasi jadwal Samsat Keliling Karanganyar hari ini, Jumat (26/4/2024), yang dikutip Solopos.com dari akun Instagram @samsat_karanganyar:

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Samsat Keliling

  • Lokasi: Balai Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan
  • Waktu: 09.00-11.00 WIB

Samsat Siaga Malam

  • Lokasi: Palur Plaza
  • Waktu: 16.00-19.30 WIB

Anda juga bisa membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat yang beralamat di Jl. Lawu No. 389 Kelurahan Cangakan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar dengan nomor telepon 0271-495186. Atau anda bisa mengaksesnya secara online di bapenda.jatengprov.go.id.

Koran Solopos

Demikian informasi jadwal Samsat Keliling Karanganyar hari ini, semoga bermanfaat.

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Bayar Pajak Lebih Dekat di Samsat Keliling Sragen, Cek Jadwal Hari Ini

Bayar Pajak Lebih Dekat di Samsat Keliling Sragen, Cek Jadwal Hari Ini
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Jumat, 26 April 2024 - 06:33 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Samsat Keliling Sragen. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Untuk mendorong dan memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, Samsat Sragen rutin mengadakan Samsat Keliling ke sejumlah lokasi dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Berikut informasi jadwal Samsat Keliling Sragen pada Jumat (26/4/2024) berdasarkan akun Instagram @samsat_sragen yang dikutip Solopos.com:

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Samsat Keliling 1

  • Lokasi: Kantor Kecamatan Sambirejo
  • Waktu: 08.00-11.00 WIB

Samsat Keliling 2

  • Lokasi: Kantor Kecamatan Sambungmacan
  • Waktu: 08.00-11.00 WIB

Samsat Siaga

  • Lokasi: Kantor Kecamatan Sumberlawang
  • Waktu: 08.00-11.00 WIB

Samsat Malam

  • Lokasi: Kantor Samsat Induk Sragen
  • Waktu: 15.30-19.30 WIB

Samsat Paten

  • Lokasi:
    • Kantor Kecamatan Tanon
    • Kantor Kelurahan  Kwangen, Gemolong
  • Waktu:  08.00-11.00 WB

Samsat Induk

  • Lokasi: Samsat Induk
  • Waktu: 08.00-14.00 WIB

Samsat MPP

  • Lokasi: Mal Pelayanan Publik
  • Waktu: 08.00-14.00

Samsat Budiman

  • Lokasi:
    • BUMDes terdekat
    • PT BPR BKK Karangmalam

Kantor Samsat Sragen beralamat di Jl. Sukowati No.17, Sine, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57213. Anda juga bisa menghubungi Samsat Sragen di nomor telepon 0852-2713-7773 atau di 0271-891247/891260. Demikian informasi jadwal Samsat Keliling Sragen hari ini. Semoga bermanfaat.

Koran Solopos

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Samsat Keliling Sukoharjo Jumat 26 April 2024 hadir di Tawangsari dan Gentan

Samsat Keliling Sukoharjo Jumat 26 April 2024 hadir di Tawangsari dan Gentan
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Jumat, 26 April 2024 - 06:32 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Samsat Keliling Sukoharjo. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Untuk memudahkan sekaligus mendorong masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor mereka, Samsat Sukoharjo rutin mengadakan layanan keliling ke sejumlah lokasi dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Berikut informasi jadwal Samsat Keliling Sukoharjo pada Jumat (26/4/2024) berdasarkan akun Instagram @uppdkabsukoharjo yang dikutip Solopos.com:

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Samsat Keliling

  • Lokasi:
    • Kecamatan Tawangsari
    • Luwes Gentan
  • Waktu: 08.00-12.00 WIB

Samsat Induk

  • Lokasi: Kantor Samsat Sukoharjo
  • Waktu: 08.00-14.00 WIB

Samsat Gerai The Park Mall

  • Lokasi: The Park Mall, Solo Baru, Grogol
  • Waktu:  10.00-18.00 WIB

Samsat Gerai Balai Desa Singopuran

  • Lokasi: Balai Desa Singopuran, Kartasura
  • Waktu: 08.00-13.00 WIB

Samsat MPP Sukoharjo

  • Lokasi: Mal Pelayanan Publik (MPP) Sukoharjo
  • Waktu:  08.00-11.00 WB

Kantor Samsat Sukoharjo beralamat di Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto No.9, Sukoharjo. Anda bisa menghubungi Samsat Sukoharjo di nomor 0812-2885-4211. Demikian informasi jadwal Samsat Keliling Sukoharjo hari ini. Semoga bermanfaat.

Koran Solopos

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories