SOLOPOS.COM - Ilustrasi vagina. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Bagi wanita, memperhatikan kesehatan vagina sangatlah penting. Dengan merawat dengan cara tepat, maka kesehatan dan kebersihan vagina tetap terjaga.

Tahukah Anda? Terdapat kebiasaan yang tidak baik dan menimbulkan masalah pada bagian vagina.

Promosi Tumbuh 33,9%, Volume Transaksi Cash Management di QLola by BRI Capai Rp6.788 T

Dikutip dari Asiaone.com, Rabu (29/7/2020), berikut lima kesalahan yang membuat vagina tidak sehat.

Menggunakan Celana Dalam Ketat

Jika Anda sering menggunakan celana dalam yang ketat dengan bahan yang tak menyerap keringat, sebaiknya jangan diulangi lagi. Pasalnya, hal itu membuat vagina lembab dan panas. Selain itu, dapat membuat bakteri dan jamur tumbuh. Jadi, lebih baik menggunakan celana dalam berbahan katun dan tidak terlalu ketat.

Dukun Cabuli Pasien di Bondowoso, Masukkan Telur ke Kemaluan untuk Obati Sakit Mag

Menguapi Vagina

Melakukan penguapan vagina merupakan metode kuno yang berfungsi untuk membersihkan area kewanitaan. Kendati demikian, para pakar tidak menyarankan untuk melakukan hal itu dengan alasan kesehatan.

Douching

Douching atau pembersihan vagina dengan menggunakan larutan khusus yang dimasukkan ke dalam saluran vagina harus dihindari. Selain merusak siklus pembersihan alami, dapat juga membuat vagina menjadi iritasi hingga infeksi. Merawat vagina dengan douching dapat mengganggu keseimbangan pH dan membunuh bakteri baik.

Bercinta Kasar

Sifat sensitif yang dimiliki area kewanitaan membuatnya harus diperlakukan yang lembut dan baik, begitu juga saat berhubungan seks. Jika dilakukan dengan kasar, dapat melukai vagina. Sebaiknya membersihkan vagina setelah berhubungan seks dengan cara membasuh bagian luar atau vulva.

Inilah Dalan Slamet, Permainan Edukatif Ajarkan Anak Tertib Lalu Lintas

Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi pada vagina dapat mengubah pH alami di dalamnya. Sebaiknya, jangan dilakukan karena kulit pada area kewanitaan sangat lembut sehingga dapat menimbulkan iritasi.

Menggunduli Miss V

Sebaiknya Anda jangan mencukur sampai bersih rambut pada vagina. Karena rambut pubis ini bermanfaat untuk menjaga kebersihan area kewanitaan. Jika merawat hingga dibotaki, maka bakteri hingga infeksi dapat terjadi pada vagina.

Menggunakan Sabun dengan Pewangi

Saat membersihkan vagina tidak disarankan untuk menggunakan sabun mandi atau sabun yang mengandung pewangi. Lebih baik hanya dibasuh dengan air saja, kalau perlu bersihkan dengan sabun tanpa kandungan pewangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya