Tutup Iklan
Inilah Dalan Slamet, Permainan Edukatif Ajarkan Anak Tertib Lalu Lintas
Modul edukasi virtual Dalan Slamet (istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo segera meluncurkan modul edukasi virtual lalu lintas Dalan Slamet berisi sosialisasi keselamatan lalu lintas bagi siswa sekolah dasar.

Modul Dalan Slamet berisi 11 permainan edukatif itu akan dirilis secara umum sebagai bahan pembelajaran dalam pelajaran jarak jauh.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, kepada Solopos.com, Rabu (29/7/2020), mengatakan nama Dalan Slamet akronim Dolanan Lalu Lintas lan Sinau Keselamatan Ketertiban.

Negatif Covid-19, Wali Kota Solo Bagikan 3 Kunci Tangkal Corona

Menurutnya modul itu juga akan dirilis di Youtube dan media sosial agar seluruh siswa dapat mengikuti pembelajaran itu.

"Ada dua level dalam permainan ini. Level pertama untuk siswa kelas I-III sekolah dasar. Lalu level kedua untuk siswa kelas IV-VI sekolah dasar. Kami sudah berkoordinasi dengan beberapa sekolah dasar di Solo agar ada bimbingan dari guru masing-masing sekolah. Awal bulan Agustus sudah jadi," ujar inisator permainan itu.

Ari Wibowo menyebut permainan Dalan Slamet menuntut anak-anak aktif berketerampilan seperti menggunting dan menyusun gambar. Ia mengatakan melalui Dalan SLamet itu anak-anak dapat memiliki kesadaran lalu lintas sejak dini.

Dingin Banget! Berapa Suhu Udara Terendah di Soloraya Hari Ini?

Ia mengakui kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas saat ini cukup rendah. Sehingga, pengetahuan tentang lalu lintas perlu ditanamkan sejak dini salah satunya dengan permainan Dalan Slamet tersebut.

Ditanamkan Sejak Dini

Ari Wibowo mengakui mengubah budaya bukan hal yang instan, sehingga slogan Tertib Berlalu Lintas Cermin Budaya Wong Solo harus ditanamkan sejak dini.

"Anak-anak kan sangat menyukai permainan, jadi kami sisipkan permainan dan pembelajaran. Kalau lewat permainan akan lebih mengena, mungkin juga anak-anak akan mengingatkan orang tua mereka tertib lalu lintas demi keselamatan," papar dia.

Yahud! Mantan Satpam & Tukang Cuci di RS Panti Waluyo Solo Ini Sukses Jadi Anggota DPRD

Ia mengatakan selama pandemi Covid-19, petugas Dishub kesulitan menyosialisasikan tertib lalu lintas ke sekolah-sekolah dengan tatap muka.

Sehingga, pihaknya memilih menggunakan cara virtual menyesuaikan kondisi saat ini secara gratis. Ia mengatakan usai Dalan Slamet di-launching, akan ada lomba secara virtual. Namun, konsep lomba itu tengah dimatangkan.

Ari Wibowo tidak menargetkan jumlah anak-anak yang mengikuti modul Dalan Slamet itu. Ia hanya menargetkan modul virtual itu dapat diterima masyarakat dan dipahami secara utuh.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho