SOLOPOS.COM - Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA–Pierre-Emerick Aubameyang menandai kembali masuk starting lineup Arsenal dengan mencetak hattrick pertamanya di Liga Premier saat menang 4-2 melawan tim tamu Leeds United, Senin dini hari WIB.

Penyerang Gabon yang tidak pernah menjadi starter dalam lima pertandingan terakhir karena alasan pribadi itu membawa Arsenal unggul pada menit ke-13.  Lantas menggandakan kedudukan melalui tendangan penalti sebelum Hector Bellerin mengubah skor 3-0 pada babak pertama.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Aubameyang menyempurnakan hattricknya dengan sundulan dua menit memasuki babak kedua. Namun Leeds membalas. Sundulan Pascal Struijk dalam menit ke-58 menghidupkan kembali asa tim tamu.

Baca Juga: Suporter Persis Solo Kampanyekan Nonton Bola Di Rumah Aja, Demi Izin Liga?

Ketika Helder Costa kembali mencetak gol pada sisa waktu sekitar 20 menit, tuan rumah beberapa kali nyaris dijebol lagi. Aubameyang nyaris menciptakan gol keempatnya namun bola membentur tiang gawang.

Arsenal kembali ke jalur kemenangan setelah kalah dalam pertandingan liga dua kali berturut-turut.

Mereka kembali menyalip Leeds ke posisi 10 dengan 34 poin dari 24 pertandingan, sedangkan Leeds menempati urutan 11 dengan 32 poin namun menyimpan satu pertandingan lebih banyak.

Baca Juga: Mengejutkan, AC Milan Dipaksa Telan Kekalahan Dari Spezia Tanpa Balas

Hadiah Penalti

“Kami tahu ini bakal menjadi pertandingan yang sulit. Leeds tidak pernah menyerah tetapi pada akhirnya kami menunjukkan manajemen main yang baik,” kata Aubameyang sang kapten Arsenal seperti dikutip Antaranews dari Reuters.

Aubameyang yang ibunya sakit membawa Arsenal unggul ketika dia memotong dari sektor kiri dan mengelabui kiper Leeds Illan Meslier dengan tembakan yang mengarah ke tiang dekat.

Upaya gol Aubameyang berikutnya berhasil diblok lawan, namun Arsenal mendapat hadiah penalti ketika Bukayo Saka melaju ke kotak penalti yang memaksa Liam Cooper mengganjalnya.

Baca Juga: Gol Tunggal Tammy Abraham Bawa Chelsea Lolos Ke Perempat Final Piala FA

Meski awalnya menunjuk titik penalti, wasit Stuart Attwell melihat kembali insiden itu dari monitor VAR di pinggir lapangan dan dia berubah pikiran. Namun 10 menit kemudian kali ini Meslier yang membuat pelanggaran di kotak penalti.

Aubameyang mencetak gol dari titik penalti untuk menggandakan keunggulan Arsenal dan Meslier kembali kebobolan oleh tembakan jarak dekat Bellerin pada menit ke-45. Arsenal menjadi-jadi ketika Aubameyang menyundul umpan silang Emile Smith-Rowe pada menit ke-47 tetapi Leeds seketika tersentak.

Tandukan keras pertama Struijk dan kemudian finis apik Costa yang meneruskan umpan Tyler Roberts membuat asa Leeds hidup kembali. Namun Leeds gagal mencetak gol lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya