Asyik! Sebentar Lagi Flyover Purwosari Solo Tersambung
Proyek flyover Purwosari difoto dari rooftop Aston Solo Hotel, Solo, Selasa (25/8/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Struktur fisik flyover atau jalur lintas atas Purwosari, Solo, sudah mulai terlihat, Rabu (26/8/2020). Capaian proyek bernilai seratusan miliar rupiah dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu sudah menyentuh 63 persen.

Pelaksana proyek masih fokus mengerjakan erection girder dan pengaspalan. Sementara pekan depan bakal memulai pengecoran rigid. Gelagar boks baja sudah naik 10 dari total 21 batang.

Tersangka Pembunuh Sekeluarga Di Duwet Sukoharjo Dijerat 3 Pasal Sekaligus, Apa Saja?

“Lantai jembatan satu bentang sudah selesai dikerjakan. Mortar busa juga sudah selesai. Ini sudah on track, tepat waktu sesuai target kami, fungsional Desember,” terang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Jawa Tengah, Alik Mustakim, dihubungi Solopos.com, Rabu sore.

Dalam waktu dekat, struktur sisi timur dan barat flyover Purwosari, Solo, segera tersambung dengan pemasangan jembatan di atas rel kereta api.

Fix! HT Pelaku Tunggal Kasus Pembunuhan 4 Orang Satu Keluarga Di Duwet Sukoharjo

Pelaksana proyek sudah berkoordinasi dengan PT KAI guna memastikan pekerjaan lanjutan itu tidak mengganggu perjalanan kereta. “Kami sudah rapat dan paparkan metode kerja. PT KAI memberikan window time [jeda perjalanan kereta], jadi tidak mengganggu perjalanan kereta,” ucapnya.

Desember Bisa Dilalui

Kendati begitu, Alik mengatakan tetap harus memperbarui informasi setiap perkembangan penyambungan jembatan tersebut kepada PT KAI.

Pakai Kaus Bergambar Bupati Yuni, Eks Kades Trobayan & Suami Diserahkan ke Kejari Sragen

Pelaksana proyek flyover Purwosari, Solo, diminta memberi notice saat pemasangan gelagar di atas rel meski dilakukan saat tak ada kereta api yang melintas. Dengan sisa pekerjaan tak sampai 40 persen, Alik optimistis Desember mendatang flyover tersebut sudah bisa dilalui kendaraan.

Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan koordinasi dengan pelaksana proyek flyover Purwosari rutin dilakukan.

Menjabat Ketua RT Saat Kasus Jagal Kartasura Terungkap 10 Tahun Lalu, Ini Kisah Mulyono

“Dari awal proyek sampai pekerjaan yang ada kaitannya dengan perjalanan kereta api, kami selalu komunikasi,” ucap Eko.

PT KAI tak khawatir pekerjaan lanjutan itu bakal mengganggu perjalanan kereta api mengingat pengerjaannya dilakukan saat jeda perjalanan kereta atau saat tidak ada kereta melintas.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom