Asyik! KA Bandara Sampai Klaten, Catat Jadwalnya!
KA bandara diberangkatkan dari Stasiun Klaten menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo, Selasa (11/2/2020). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Rute kereta api (KA) Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) resmi diperpanjang sampai Stasiun Klaten mulai Jumat (21/2/2020).

Bukan hanya menambah jumlah trip, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI juga mengubah jadwal keberangkatan dan stasiun perhentian.

Kepala Stasiun KA Bandara, Helly Indrayanto, mengatakan relasi KA BIAS diperpanjang hingga Stasiun Klaten per Jumat (21/2/2020). Menurutnya, total ada sebanyak 17 trip pergi pulang (PP).

"Jumlah trip ditambah sekaligus jadwalnya juga berubah. Dari 17 trip tersebut relasinya berbeda-beda, ada 11 trip relasi Bandara-Balapan-Klaten PP, lima trip relasi Solo Balapan-Bandara PP, dan dua trip relasi Bandara- Klaten," tuturnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (21/2/2020).

Lagi! 5 Peserta Tes CPNS Pakai Joki, Ternyata Ada Agennya

Sebelumnya, PT KAI melalui Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan dan Daops VI melakukan uji coba KA BIAS dari Stasiun Klaten menuju Bandara Adi Soemarmo PP pada Selasa-Rabu (11-12/2/2020).

Lebih lanjut, Helly menjelaskan sebanyak 11 trip relasi Bandara-Klaten PP berhenti di empat stasiun, yakni Stasiun KA Bandara, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Klaten.

Dari Stasiun KA Bandara, kereta pertama berangkat pada 04.59 WIB dan terakhir pukul 21.01 WIB. Sedangkan dari Stasiun Klaten, keberangkatan pertama pukul 05.35 WIB dan terakhir pukul 18.36 WIB.

Gerindra Buka Peluang Usung Calon Penantang Sri Mulyani Di Pilkada Klaten

Di sisi lain, lima trip relasi Stasiun Solo Balapan-Stasiun KA bandara PP, jadwalnya adalah pukul 04.25 WIB, 19.47 WIB, 20.30 WIB, 21.09 WIB, dan 22.27 WIB. Sementara dari Stasiun KA Bandara, jadwalnya, keberangkatannya adalah pukul 18.47 WIB, 19.43 WIB, 20.20 WIB, 21.39 WIB, dan 22.58 WIB.

Trip elasi ini hanya berhenti di dua stasiun, yakni Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Bandara. Adapun satu trip KA Bandara relasi Solo Balapan-Klaten PP keberangkatannya dimulai dari Solo Balapan pukul 04.35 WIB.

Sebaliknya, berangkat dari Stasiun Klaten pukul 22.25 WIB. Relasi ini berhenti di tiga stasiun, Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Klaten.

"Jadi ada dua train set yang digunakan berangkat dari Stasiun Solo Balapan, satu set menuju Klaten lebih dulu baru ke Bandara, satu set langsung ke Bandara Adi Soemarmo," imbuh Helly.

BDSM Bakal Dilarang Negara, Ini Ciri-Ciri Anda Termasuk Masokis!

Di samping itu, jarak tempuh dari Bandara ke Klaten atau sebaliknya diperkirakan sekitar satu jam.

Menurutnya, perubahan jadwal KA Bandara itu mempertimbangkan efisiensi waktu, jam operasional, hingga kapasitas rel. Hal ini mengingat kepadatan lalu lintas rel, khususnya jalur Solo Balapan sampai Klaten.

Sebelumnya, Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo, Goentoro, mengatakan perpanjangan relasi KA Bandara sampai Klaten ini berpeluang besar mendongkrak jumlah penumpang pesawat terbang melalui Bandara Adi Soemarmo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho