Antisipasi Bencana, Polisi di Sukoharjo Pangkas Pohon di Tepi Jalan

Polres Sukoharjo mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi dengan membantu memangkas dahan pohon dan membersihkan lingkungan sekitar Waduk Mulur.

 Petugas Samapta Polres Sukoharjo memotong dahan pohon di pinggir jalan yang berpotensi tumbang ke rumah warga Sabtu (27/11/2021). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Petugas Samapta Polres Sukoharjo memotong dahan pohon di pinggir jalan yang berpotensi tumbang ke rumah warga Sabtu (27/11/2021). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com SUKOHARJOPolres Sukoharjo membantu mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi yang berpotensi besar terjadi saat musim pancaroba memasuki musim hujan. Aksi yang dilakukan antara lain dengan membantu memangkas dahan pohon dan membersihkan lingkungan sekitar Waduk Mulur.

Pemangkasan ranting pohon berbahaya dilakukan oleh Satuan Samapta Polres Sukoharjo di salah satu pohon di pinggir jalan Sabtu (27/11/2021). Kasat Samapta Polres Sukoharjo, Iptu Sri Haryanto, mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait kondisi pohon di tepi jalan Samanhudi, Pandeyan, Sukoharjo, yang berpotensi tumbang dan mengancam rumah warga apabila diterjang angin kencang.

Baca Juga: Diparkir, Mobil di Tawangsari Sukoharjo ini Malah Terperosok ke Selokan

“Awalnya kami mendapatkan laporan masyarakat tentang adanya potensi pohon tumbang yang mengarah ke rumah warga. Kami respons laporan tersebut dan segera berkoordinasi untuk melakukan pemangkasan ranting-ranting pohon,” beber dia kepada Solopos.com Minggu (28/11/2021).

Kasat Samapta juga menjelaskan kegiatan tersebut juga sebagai langkah mengantisipasi bencana lantaran curah hujan di Sukoharjo dinilai cukup tinggi. Selain pemangkasan dahan pohon, Polres Sukoharjo juga membersihkan lingkungan Waduk Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo di hari yang sama.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memberi contoh masyarakat agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan. “Semoga kegiatan kerja bakti bersih-bersih ini dapat menjadi contoh masyarakat yang lain agar mau menjaga lingkungan sekitar. Kami kerja bakti bersama petugas dinas kebersihan di lokasi untuk menjaga Waduk Mulur agar tetap bersih dari sampah,” beber dia.

Baca Juga: Gagalkan Penyelundupan Anjing, Polres Sukoharjo bakal Dapat Penghargaan

Berita Terkait

Berita Terkini

+ PLUS Koperasi Simpan Pinjam Makin Dibutuhkan, Gagal Bayar Harus Dicegah

Kini koperasi simpan pinjam makin dibutuhkan masyarakat. Seiring dengan itu sistem pengawasan yang makin ketat dibutuhkan demi mencegah gagal bayar.

2 Pekan Setelah Nataru, Solo Kembali Catat Tambahan Kasus Baru Covid-19

Pemkot Solo kembali mencatat tambahan kasus baru Covid-19 dua pekan setelah libur Nataru, masing-masing dua kasus pada Minggu dan satu kasus pada Senin.

Lagi, Polres Karanganyar Razia Knalpot Brong di Tawangmangu, 15 Keciduk

Polres Karanganyar menggencarkan razia sepeda motor dengan knalpot brong di kawasan wisata, terutama Tawangmangu.

Colek dan Pukul Biduanita lalu Kabur, Bento Kalikotes Dinilai Pengecut

Perwakilan paguyuban seniman dan seniwati Klaten (Sekaten) mengatakan Bento Kalikotes pengecut karena menghilang setelah melecehkan dan memukul biduanita saat hajatan.

Asal Mula Nama Pertapaan Bancolono Tawangmangu Petilasan Brawijaya V

Ini asal mula nama Pertapaan Bancolono, Tawangmangu, Karanganyar yang merupakan petilasan Brawijaya V.

Penyuntikan Vaksin Booster di Sragen Dimulai Besok, Ini Syaratnya

Dinkes Sragen hingga Senin (17/1/2022) sore masih mengambil stok vaksin untuk booster di Semarang. Ada tiga jenis vaksin yang disiapkan untuk penyuntikan vaksin booster besok.

15 Hari 763 Kendaraan Kena Tilang ETLE di Sukoharjo, Ini Pelanggarannya

Kamera ETLE akan ditambah di sejumlah wilayah di Sukoharjo, diharapkan melalui langkah tersebut tingkat kesadaran masyarakat dalam berkendara semakin meningkat.

Proyek Hall di Pedaringan Solo Ternyata Sudah Ditawarkan ke Investor

Gedung Solo Convention and Exhibition (SCE) berkapasitas belasan ribu orang yang akan dibangun di Pedaringan, Jebres, Solo, sudah ditawarkan kepada investor.

Diduga Karena Tungku Belum Padam, Dapur Warga Karanganyar Kebakaran

Dapur warga Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar kebakaran pada Minggu (16/1/2022). Penyebabnya diduga karena tungku belum padam.

Wedang Ronde Porsi Jumbo di Sukoharjo, Murah dan Menghangatkan

Wedang ronde porsi jumbo dengan harga murah dan segar dapat dibeli di warung milik pria asal Sukoharjo.

Polresta Solo Ungkap 8 Kasus Narkoba, 10 Orang Ditangkap

Satresnarkoba Polresta Solo mengungkap delapan kasus penyalahgunaan narkoba dan menangkap 10 orang pelaku baik pengedar, kurir, maupun pemakai.

Perlu Peran Akademisi untuk Atasi Kekeringan di Gilirejo Baru Sragen

Upaya mitigasi bencana kekeringan di Gilirejo Baru, Kecamatan Miri, Sragen, perlu melibatkan akademisi dari perguruan tinggi.

Duh, 86 Ha Sawah di Bulu Sukoharjo Terendam Banjir Luapan Kali Buntung

Hujan yang mengguyur wilayah Sukoharjo mengakibatkan ketinggian air Kali Buntung bertambah signifikan pada Minggu (16/1/2022) malam.

Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Pemkot Solo berencana membangun gedung pertemuan atau hall yang diklaim sangat besar dan mampu menampung hingga 15.000 orang.

Vaksinasi Anak Dosis II Boyolali Dimulai, Targetkan 5.360 Sasaran

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dosis pertama di Boyolali hingga Senin ini sudah mencapai 94.514 sasaran atau sekitar 98,7 persen dari target 95.713 sasaran.