Gagalkan Penyelundupan Anjing, Polres Sukoharjo bakal Dapat Penghargaan

Sejumlah komunitas pencinta kucing akan memberikan penghargaan kepada Polres Sukoharjo yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan 53 ekor anjing di Kartasura.

 Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menunjukan barang bukti dan pelaku penjualan hewan non konsumsi (anjing) yang ditangkap di Kartasura Kamis (25/11/2021). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menunjukan barang bukti dan pelaku penjualan hewan non konsumsi (anjing) yang ditangkap di Kartasura Kamis (25/11/2021). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SOLO — Keberhasilan Polres Sukoharjo menggagalkan penyelundukan 53 ekor anjing untuk konsumsi di wilayah Kartasura pada Rabu (24/11/2021) dini hari lalu, menuai apresiasi masyarakat.

Sejumlah komunitas pencinta kucing mengapresiasi Polres yang turut berperan dalam menekan perdagangan daging anjing di Soloraya. Mereka berencana berkunjung ke Polres Sukoharjo pada Senin (29/11/2021) untuk memberikan penghargaan.

Ada tiga komunitas yang akan berpartisipasi yakni Cat Lovers In The World (CLOW) Jawa Tengah (Jateng), Rumah Difabel Meong (Rudimeong) dan Gerakan Pro Steril. Pegiat CLOW Jateng, Yulia Damayanti, memuji aksi sigap Polres Sukoharjo dalam mengungkap upaya penyelundupan 53 ekor anjing dari Jawa Barat menuju Jawa Tengah.

Baca Juga: 9 Remaja Sukoharjo Dijewer Satpol PP saat Pesta Miras di Persawahan

“Kami ingin memberi apresiasi karena polisi turut berkomitmen memberantas peredaran daging anjing, Rencananya besok [Senin] pukul 11.30 WIB kami mau ke Polres Sukoharjo,” ujar Yulia kepada Solopos.com, Minggu (28/11/2021).

Mengecam Penyiksaan Anjing

Selain bentuk apresiasi pada Polres Sukoharjo, kegiatan tersebut menjadi solidaritas komunitas kucing dalam mengecam penyiksaan terhadap anjing yang hingga kini masih terjadi. Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) mengungkap 52 anjing yang diselamatkan dalam kondisi kritis, sedangkan satu anjing sudah mati.

Baca Juga: Penyelundupan Anjing di Kartasura, Mulut Diikat Kawat Lalu Masuk Karung

Saat ini hewan peliharaan tersebut dirawat di selter wilayah Bogor, Jawa Barat. “Semoga apa yang dilakukan di Sukoharjo mendorong kemajuan dalam penegakan aturan soal peredaran daging anjing,” ujar Yulia.

Seperti diberitakan, aparat Polres Sukoharjo menggagalkan upaya penyelundupan 53 ekor anjing yang hendak dijual untuk konsumsi di wilayah Dukuh Wiroragen RT 003/RW 007 Desa Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (24/11/2021) dini hari. Satu orang tersangka penyelundup berinisial GTS, warga Sragen, ditangkap dan tengah diproses hukum.

Baca Juga: 52 Anjing Selundupan yang Diselamatkan di Kartasura Kondisinya Kritis

GTS mengaku itu bukan kali pertama ia menyelundupkan anjing-anjing untuk konsumsi ke wilayah Soloraya. Dalam beberapa bulan terakhir ia mengaku sudah melakukan aksi itu sebanyak lima kali. Anjing-anjing itu didatangkan dari wilayah Garut, Jawa Barat.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Dua Remaja Putri Hanyut di Sungai Pleret Sragen, Satu Orang Hilang

Dua remaja putri terbawa arus Sungai Pleret di Dukuh Bawang, Desa Poleng, Kecamatan Gesi, Sragen saat menyebrang jembatan, Selasa (18/1/2022) malam.

Ita Dagang Sendirian di Los Pasar Baru Wuryantoro, Ini Alasannya

Ita mengaku nyaman menempati los baru Pasar Wuryantoro karena sudah memiliki pelanggan di los tersebut.

Setop Perundungan di Tempat Kerja

Perundungan terjadi di mana saja, termasuk di tempat kerja. Jangan hanya diam, saatnya melawan.

Burung Emprit Serbu Padi Jelang Panen di Ngadirojo Wonogiri

Para petani harus menjaga tanaman padi mereka dari serbuan burung pipit atau emprit yang pada tahun ini jumlahnya lebih banyak.

Penuhi Syarat, SDN 1 Wuryantoro Wonogiri Gelar PTM 100 Persen

SDN 1 Wuryantoro mengklaim sudah memenuhi syarat pelaksanaan PTM 100 persen yang diedarkan Disdikbud Wonogiri.

PTM 100 Persen Digelar di Wonogiri setelah Vaksinasi Anak Selesai

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan akan mengambil keputusan soal PTM 100 persen setelah vaksinasi anak dosis pertama selesai.

Satlantas Wonogiri akan Tambah Lokasi Penerapan ETLE, Ini Lokasinya

Satlantas akan memfungsikan kamera CCTV untuk menerapkan ETLE atau tilang elektronik yaitu perempatan Pokoh, Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri.

Kronologi Lengkap Kasus Mafia Tanah Berujung Praperadilan Polresta Solo

Kasus penipuan mafia tanah yang berujung pada gugatan praperadilan terhadap Polresta Solo bermula dari laporan korban yang tak segera ditangani sejak 2019 lalu.

Intip Agenda Puan Maharani 2 Hari di Soloraya

Ketua DPR RI Puan Maharani dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat, salah satunya Pasar Legi Solo dalam kunjungannya ke Soloraya pada Rabu-Kamis (19-20/1/2022).

25 Hotel Soloraya Pamer Fasilitas di Hotel Expo 2022 Solo Paragon Mall

Hotel Expo kembali digelar pada 2022 di Solo Paragon Lifestyle Mall dengan melibatkan 25 hotel di kawasan Soloraya mulai Rabu (19/1/2022).

Waduh, Polresta Solo Digugat Praperadilan Gegara Kasus Mafia Tanah

Polresta Solo digugat praperadilan oleh LP3HI yang mewakili seorang perempuan korban dugaan penipuan mafia tanah.

Kajian Masih Berlanjut, Nasib Rusunawa Semanggi Solo Belum Jelas

Pemkot Solo masih menunggu kajian dari Kementerian PUPR terkait nasib bangunan Rusunawa Semanggi di Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, yang sudah tidak layak huni.

Desa Boleh Usulkan Jumlah KPM BLT Sesuai Kondisi

Pemerintah membolehkan desa mengusulkan jumlah KPM kurang atau lebih banyak dari kuota KPM yang ditetapkan pemerintah sesuai alokasi anggaran BLT.

Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Disebut Condong ke Bhre Cakrahutomo

Calon pemimpin baru Mangkunegaran Solo yang merupakan penerus KGPAA Mangkunagoro IXdisebut-sebut sudah mengerucut ke nama Bhre Cakrahutomo.

Anggota DPRD Solo Beri Pesan Begini soal Penataan Selter PKL Manahan

Anggota DPRD Solo memberikan pesan terkait rencana penataan PKL di selter sekitar Stadion Manahan untuk mendukung Solo sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Hall di Pedaringan Solo Sempat Ditawarkan ke Investor Senilai Rp124,5 M

Gedung Solo Convention - Exhibition Hall berkapasitas sampai 15.000 orang yang akan dibangun di Pedaringan, Jebres, pernah ditawarkan lewat ajang Solo Investment Forum senilai Rp124,5 miliar.