Anak Muda Solo Diajak Mengenali Potensi Diri
Webinar YRP Solo

Solopos.com, SOLO — Youth Reinforcement Program (YRP) Solo kembali menggelar webinar pada Sabtu (27/2/2021). Pada edisi YRP Goes to School ini mengangkat tema How to Get to Know Yourself Better dengan menghadirkan dua pembicara keren. Yakni Elizabeth Sudira (Putri Solo 2010, Duta Bahasa Nasional 2011, Maskot SIPA 2019, dan Kartini Award 2020) dan Astrid Widayani (Inisiator YRP dan Ketua Yayasan UNSA dan Akparta).

Inisiator YRP Solo, Astrid Widayani, mengatakan YRP Solo sudah secara rutin menggelar program webinar setiap bulan sejak November 2020. Tujuan dari program tersebut adalah pengembangan anak muda. Fokusnya pengenalan diri dan menggali potensi diri melalui tema How to Get to Yourself Better.

“Seperti diawal program ini muncul karena kebutuhan anak muda yang harus di-push soft skill dan pengembangan dirinya. Kalau pengetahuan dan potensi sudah oke. Tapi untuk tampil lebih percaya diri, positif, dan sesuai kebutuhan industri dirasa masih kurang. Maka dari itu, YRP Solo menggelar webinar ini agar anak muda Solo lebih berani menampilkan diri,” kata dia, kepada Solopos.com, Kamis (25/2/2021).

Baca jugaMewah! Harga Outfit Selvi Ananda di Pelantikan Gibran Capai Puluhan Juta

Astrid menambahkan anak muda di Solo dan sekitarnya memang sudah memiliki pengetahuan. Namun, saat ini mereka dituntut harus punya kemampuan softskill serta membawa diri dengan baik. Rasa percaya diri pun menjadi catatan.

Ia menggarisbawahi yang bisa memunculkan rasa percaya diri adalah diri sendiri. Dalam hal ini bagaimana self esteem, mulai dari apa yang dimiliki diri sendiri, lalu apa yang perlu dikembangkan. Selain itu, Pede juga fokus pada diri sendiri bukan penilaian orang. Sekarang ini anak muda banyak dipusingkan dengan penilaian orang.

“Lingkungan paling memengaruhi. Ya bagaimana pun faktor pendukung ada yang positif ada juga yang hanya menilai buruk,” imbuh dia.

Baca jugaDaftar 5 Bisnis yang Laris Setiap Hari dan Cocok Untuk Pemula

Anak Muda Mandiri

Selain dirinya, Elizabeth Sudira yang kini dikenal sebagai professional singer dan master of ceremony (MC) akan berbagi pengalamannya. Bagaimana ia dulu dari yang bukan siapa-siapa menjadi salah satu MC ternama dari Solo. Rencana moderatornya juga tak kalah menarik, yakni motivator sekaligus trainer nasional, Jay Nurjaman.

“Harapannya sesuai misi kami, yakni mewujudkan anak muda mandiri. Percaya untuk memberian impact kepada masyarakat dan keluarga,” ungkap dia.

Baca jugaMuncul Wacana PTM Digelar Juli 2021, Begini Sikap Pemkab Wonogiri

Sementara itu, Ketua Panitia Program Webinar YRP Solo, Eka Widyaningsih, menambahkan program ini menyasar anak sekolah atau pun para mahasiswa baru. Mereka diajak untuk lebih mengenali diri dan bagaimana cara meningkatkan potensi diri.

“Nanti, mbak Elizabeth bakal cerita tentang gimana caranya bisa lebih percaya diri, bisa lebih optimis. Budaya orang sini kan sungkan, malu, belum mau show off, meski sudah berprestasi. Jadi nanti tahu self confident seperti apa. Sementara Bu Astrid akan memaparkan soal self awarness,fokus mengenali diri sendiri,” kata dia.

 

 

 

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom