SOLOPOS.COM - Stephen Ellison. (British Consul General)

Solopos.com, CHONGQING — Stephen Ellison seorang diplomat Inggris dipuji sebagai pahlawan setelah dia melompat ke sungai di barat daya China. Ia menyelamatkan seorang siswa yang tenggelam saat liburan akhir pekan.

KPU Solo Mulai Rakit Kotak Suara Pilkada 2020, Surat Suara Dikirim Akhir Pekan Ini

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Dilansir The Guardian, Selasa (17/11/2020), Stephen Ellison, 61, diplomat Inggris di Chongqing sedang berjalan di tepi sungai di desa terdekat, ketika ada seorang wanita terpeleset di batu dan masuk ke aliran sungai yang dalam.

Video yang direkam oleh penonton menunjukkan perjuangan wanita ini di arus sungai. Ia menghilang di bawah jembatan dan muncul tertelungkup dan terlihat sudah tidak sadar. Dalam video tersebut, Ellison melepas sepatunya dan menyelam untuk menyelamatkannya. Tidak diketahui nama dari wanita tersebut, tetapi wanita ini diidentifikasi sebagai mahasiswa Universitas Chongqing.

Banyak netizen yang mengkritik orang-orang yang ada disekitar sungai. Begitu banyak orang China yang hanya melihat wanita itu tenggelam dari pinggiran sungai, alih-alih turun tangan untuk menyelamatkan wanita tersebut. Namun beberapa netizen China mengatakan, bahwa hanya sedikit orang China yang tahu cara berenang. Sementara yang lainnya memiliki ketakutan untuk terlibat dalam insiden publik.

Gunung Merapi Siaga, Sukarelawan dari Sragen Ikut Siaga

Video penyelamatan Ellison diunggah oleh akun Tiktok netizen China, yang kemudian diunggah ulang oeh akun Twitter @ukinchina. Video yang sudah ditonton ribuan kali ini, menunjukkan Ellison melepas sepatunya dan langsung menyelam ke sungai dengan pakaian lengkapnya.

Dibantu Orang Lain

Setelah Ellison menyelamatkan wanita itu, ada sejumlah orang melempar tali dan ban besar dari sisi sungai, yang digunakan untuk membantu menyeretnya ke tepian.

Diplomat itu sendiri mengatakan wanita yang berasal dari Wuhan itu mengalami sedikit trauma, dan sudah berangsur-angsur pulih. Wanita itu juga sangat berterima kasih dan mengundang Ellison untuk makan malam bersama keluarganya pada akhir pekan depan.

SE Pembukaan Wisata Air di Klaten Dicabut, Bukan Karena Lonjakan Kasus Covid-19

Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiamong memuji Ellison karena aksi penyelamatannya. Ia mengatakan bahwa namanya akan diingat tidak hanya di Chongqing, tetapi di seluruh China. “Tindakan kepahlawanan dan kebaikannya akan menjadi kisah yang banyak diceritakan dan tersebar luas tentang persahabatan China-Inggris,” kata Liu Xiamong.

Tagar konsul Jenderal Inggris di Chongqing yang menyelamatkan mahasiswa jatuh ke air, telah mendapatkan hampir 40 pengakuan di Weibo pada Senin (16/11/2020). Data tersebut didapatkan saat berita tentang keberanian Ellison menyebar.

Usaha Warga Pedan Klaten Ini Tetap Berdiri Tegak di Tengah Pandemi, Ternyata Ini Kuncinya

Diketahui hubungan Inggris dan China sedang berada pada surut yang rendah, sejak China mengakhiri kemerdekaan politik Hongkong. Selain itu perusahaan telekomunikasi China Huawei dilarang menyediakan jaringan 5G ke Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya