Ilustrasi Festival Jamu. (JIBI/Solopos.com/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terus melakukan inovasi guna menarik kunjungan wisatawan ke daerah setempat. Salah satu inovasi itu adalah dengan menggelar berbagai agenda seni dan budaya seperti Festival Jamu dan Kuliner.

Festival Jamu dan Kuliner kali ini digelar di Kabupaten Cilacap, tepatnya di Lapangan eks Batalyon 405, Jumat-Minggu (27-29/9/2019). Bukan hanya bisa minum aneka jenis jamu, pengunjung yang hadir pun akan turut dengan penampilan penyanyi campursari yang dijuluki Godfather of Broken Heart, yakni Didi Kempot.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, mengatakan banyak inovasi jamu yang bisa diperoleh pada Festival Jamu dan Kuliner kali ini. Bukan hanya berbentuk minuman tradisional, jamu yang disajikan dalam Pemkot Jateng dalam pameran itu juga dikemas dalam berbagai macam produk olahan seperti permen dan es krim.

“Ini sesuai dengan tema kali ini, Jamu Goes to Millenial,” ujar Sinoeng dikutip laman Internet resmi Pemprov Jateng, Jumat.

Sinoeng menambahkan Jateng selama ini memang dikenal sebagai daerah penghasil jamu. Salah satunya adalah Cilacap yang menjadi tempat penyelenggaraan Festival Jamu dan Kuliner.

Ia pun berharap ajang itu bisa menjadi langkah konkret Pemprov Jateng dalam merawat dan memperkuat persepsi masyarakat tentang manfaat jamu untuk kesehatan. Bukan hanya itu, penyelenggaraan event juga bisa dimanfaatkan untuk mengedukasi mengedukasi produsen jamu dalam mengembangkan inovasi, baik penyajian dan kemasan yang inovatif, namun tidak mengabaikan kesehatan, termasuk bahan baku dan prosesnya.

Terlebih lagi, industri jamu Jateng masih dirundung temuan jamu “bermasalah” di pasaran. “Festival Jamu kali ini juga dibarengi dengan Festival Kuliner dari kabupaten/kota se-Jateng. Harapan kami ajang ini bisa memperkuat kekaring pemasaran produk jamu dan kuliner, serta menstimulasi inisiatif penyelenggara event sejenis di kabupaten/kota secara mandiri. Ini juga menjadi event promosi potensi wisata Jateng untuk menarik wisatawan,” ujarnya.

Selama Festival Jamu dan Kuliner berlangsung sederet acara juga akan memeriahkan, seperti road show ke sekolah-sekolah, lomba video blog, talkshow, hingga pertunjukan musik. Salah satu pertunjukan musik yang tidak boleh dilewatkan adalah penampilan Didi Kempot yang saat ini menyandang julukan Godfather of Broken Heart oleh kalangan milenial.

“Bagi Sobat Ambyar, silakan datang. Didi Kempot alias The Godfather of Broken Hear akan ambyar bersama pada 28 September [Sabtu] dan besoknya [Minggu], 29 September ada penampilan menarik dari Pecas Ndahe,” ujar Sinoeng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten