Tutup Iklan
Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N. Rachmadi. (Semarangpos.com-Disporapar Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng) memprediksi tingkat kunjungan wisatawan di Jateng selama masa libur Lebaran 2019 akan mengalami lonjakan cukup signifikan. Lonjakan diprediksi mencapai 20-25% dibanding hari biasa.

Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, mengatakan beberapa objek wisata di Jateng memang menjadi magnet bagi wisatawan saat libur Lebaran. Banyak wisatawan yang datang dari luar Jateng sengaja berkunjung sambil pulang ke kampung halaman.

“Prediksi kami akan ada lonjakan kunjungan wisatawan nusantara hingga 20-25% dari biasanya,” ujar Sinoeng kepada Semarangpos.com, Senin (3/6/2019).

Untuk menghadapi lonjakan wisatawan itu, Sinoeng pun mengaku telah menggerakkan pelaku, penggiat, dan pengelola wisata untuk memegang prinsip keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan, terutama kalangan anank-anak dan lanjut usia.

“Termasuk ketersediaan sarana dan prasarana di tempat wisata, seperti toilet, musala, dan kuliner. Itu harus dipersiapkan supaya wisatawan jadi nyaman dan mau berkunjung lagi,” ujarnya.

Sinoeng berharap dengan lonjakan wisatawan pada libur Lebaran itu akan mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jateng selama 2019. Pada 2018 lalu, jumlah kunjungan wisatawan domestik di Jateng mencapai 48,9 juta orang, sementara wisatawan mancanegara (wisman) sekitar 680.000 orang.

Sementara, objek wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan antara lain yakni, Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Taman Balekambang di Solo, Candi Prambanan di Klaten, Kota Lama dan Museum Lawang Sewu di Kota Semarang, dan taman rekreasi Owabong di Purbalingga.

Candi Borobudur sepanjang 2018 bahkan mampu dikunjungi 3.690.323 wisatawan domestik atau menjadi objek wisata yang paling sering didatangi wisatawan. Sementara di urutan kedua ada Taman Balekambang Solo yang mampu menarik perhatian sekitar 2.601.081 wisawatan domestik sepanjang 2018.

http://semarang.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/SemarangPos">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten