6 Cara Ampuh Mencegah Penularan Virus Corona
Ilustrasi wujud virus corona. (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Ada sederet cara yang efektif dilakukan untuk mencegah dan mengurangi risiko tertular virus corona. Salah satu yang paling sering disebutkan adalah mencuci tangan dengan sabun.

Cara itu dinilai cukup efektif lantaran mampu mencegah penularan virus corona. Sebab, sabun dapat merusak lapisan lemak di luar virus corona.

Selain itu, ada beberapa langkah lain untuk mencegah dan mengurangi risiko tertulr virus corona. Dihimpun dari laman Covid19.go.id, Senin (30/3/2020), simak ulasan Solopos.com berikut:

Jekek: Pemudik Wonogiri Belum Tentu Bawa Virus Corona

Cuci tangan pakai sabun

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik merupakan cara utama mencegah penularan virus corona. Kebersihan tangan mampu mengurangi risiko penularan virus.

Mencuci tangan dengan sabun wajib dilakukan setelah bepergian, sebelum makan, menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet.

Kena Gejala Corona, Pasien Kritis di Bantul Ditolak 23 RS Rujukan

Menutup mulut saat batuk dan bersin

Jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan siku terlihat saat batuk atau bersin. Anda juga bisa menutup mulut serta hidung dengan tisu. Setelah itu buang tisu ke tempat sampa dan cuci tangan sampai bersih.

Sukarelawan Medis Corona: Sebelum Bertugas, Ikut Pelatihan Dulu

Jaga jarak

Cara yang wajib dilakukan untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2 adalah menjaga jarak dengan orang sakit. Batasi jarak minimal 1 meter untuk menghindari terkena droplet dari orang sakit.

Hindari menyentuh wajah

Sebisa mungkin hindari menyentuh wajah. Cara ini sangat ampuh mencegah penularan virus corona yang tersebar begitu cepat. 

Jadwal Pemadaman Listrik di Sragen, Selasa (31/3/2020)

Jangan bersalaman

Selama masa darurat corona, sebaiknya jangan bersalaman dengan orang lain. Menghindari sentuhan fisik menjadi cara yang cukup ampuh mengurangi risiko tertular virus corona.

Warga Wonogiri Tolak Bala Corona Pakai Jimat, Jekek: Gak Mempan

Tetap di rumah

Tinggal di rumah menjadi cara yang paling baik dilakukan untuk mencegah tertular virus corona. Jika sedang sehat, maka Anda bisa melakukan karantina agar tidak tertular mereka yang sakit. Sementara apabila sedang sakit, maka Anda wajib mengisolasi diri agar tidak menularkan penyakit kepada orang lain.

Tinggal di rumah juga sangat penting dilakukan guna memutus rantai persebaran virus corona yang sangat cepat. Sebab, di saat begini Anda tidak akan tahu siapa saja yang sudah terinfeksi karena bisa saja si pembawa virus tidak mengalami gejala apapun.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho