SOLOPOS.COM - Tim Yayasan Sedekah Rombongan Wonogiri melakukan persiapan pendistribusian alat kesehatan ke pondok pesantren di kawasan Lingkungan Brumbung, Desa Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Selasa (29/12/2020). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI--Sebanyak 46 pondok pesantren di Wonogiri mendapatkan bantuan paket alat protokol kesehatan dari Yayasan Sedekah Rombongan Wonogiri, Selasa (29/12/2020). Melalui bantuan tersebut, pengurus ponpes dan para santri diharapkan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Selain untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Wonogiri, bantuan itu juga sebagai pengingat bahwa pandemi belum berakhir. Bahkan justru kasus Covid-19 di Wonogiri meningkat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selain ponpes, bantuan juga ditujukan kepada para sukarelawan dan kaum miskin. Adapun alat kesehatan yang disalurkan berupa ribuan masker, ratusan box hand sanitizer, sprei desinfektan, vitamin C, dan suplemen kesehatan.

Harga Kedelai Impor Melejit, Perajin Tempe Wonogiri Menjerit

Koordinator Sedekah Rombongan Kota Wonogiri, Nonis Murwanika Sari, mengatakan pembagian paket alat kesehatan itu merupakan momen untuk mengingatkan masyarakat bahwa pandemi belum berakhir. "Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang sudah mulai kendur menerapkan protokol kesehatan. Padahal saat ini kasus Covid-19 masih terus meningkat. Kami ingatkan mereka dengan memfasilitasi alat kesehatan. Diharapakan mereka tetap taat protokol kesehatan," kata dia kepada wartawan, Selasa.

Munculnya klaster ponpes di Wonogiri beberapa waktu lalu, menurut Nonis, jadi pertimbangan utama untuk menentukan sasaran bantuan. "Kalau untuk para duafa dan sukarelawan, kondisi ekonomi mereka semakin terpuruk selama pandemi Covid-19. Maka kami mencoba bantu alat kesehatan agar dapat digunakan untuk saat mencari nafkah memenuhi kebutuhan keluarga," ujar dia.

Nonis mengaku berulang kali Yayasan Sedekah Rombongan menggelar aksi sosial dengan melibatkan para donatur. Bedanya, sebelum ada pandemi Covid-19, bantuan sosial berupa sembako. Saat pandemi ditambah alat kesehatan. "Kami targetkan pendistribusian alat kesehatan bisa rampung pekan ini," kata Nonis.

PTM di Wonogiri Bisa Dijalankan Tahun Depan, Asalkan...

Pengurus Pondok Pesantren Al Barru Wonogiri, Malik Abdillah, mengatakan telah menerima paket bantuan alat kesehatan terebut ada Senin (28/12/2020). "Secara simbolis sudah kami terima dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat bagi kelangsungan kegiatan ponpes kami," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya