SOLOPOS.COM - Yamahan Nmax 150 cc (yamaha)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 401 lurah dan kepala desa (kades) di Kabupaten Klaten bakal mendapatkan sepeda motor operasional baru pada akhir 2019 ini. Para lurah dan kades itu mendapatkan sepeda motor Yamaha NMax.

Pengadaan sepeda motor operasional lurah dan kades tersebut bersamaan dengan pengadaan sepeda motor operasional 26 kasi trantib kecamatan. Tipe kendaraan operasional Kasi Trantib yakni Honda Supra X 125.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dana untuk pengadaan 427 sepeda motor operasional lurah, kades, serta Kasi Trantib itu bersumber dari APBD Perubahan 2019 dengan pagu anggaran Rp11,9 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten, M. Himawan Purnomo, mengatakan pengadaan kendaraan operasional untuk 10 lurah dan 391 kades itu guna peremajaan sepeda motor operasional lama.

Selama ini, sepeda motor operasional lurah dan kades bertipe Suzuki Titan dari pengadaan pada 2012 lalu. Sementara sepeda motor untuk kasi trantib merupakan fasilitas baru.

“Tentu tujuan ada kendaraan operasional baru itu bermuara pada optimalisasi pelayanan ke masyarakat,” jelas Himawan saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (30/9/2019).

Himawan memperkirakan sepeda motor operasional lurah serta kades dipinjampakaikan kepada lurah dan kades setelah cakades hasil pemilihan kades (pilkades) serentak Rabu (9/10)/2019 mendatang dilantik.

“Asumsi kami nanti setelah pelantikan semuanya sudah klir. Namun, untuk kepastian penyerahannya menunggu petunjuk lebih lanjut,” kata Himawan.

Kabid Aset BPKD Klaten, Aris Pramana, membenarkan pagu anggaran untuk pengadaan sepeda motor operasional itu sekitar Rp11,9 miliar dari APBD Perubahan.

Saat ini, proses pengadaan sudah rampung. Pemkab menunggu faktur pajak serta pemasangan pelat nomor.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan Pemkab menerima usulan dari para kades agar sepeda motor operasional lama tetap berada di kantor desa.

Sepeda motor operasional lama diusulkan untuk para sekretaris desa (sekdes) yang selama ini belum mendapatkan sepeda motor operasional. Ronny berharap dengan sepeda motor operasional baru, lurah, dan kades bisa meningkatkan kinerja mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya