4 Poin Penting Ini Disampaikan Menpora untuk ASEAN Para Games di Solo

Persiapan ASEAN Para Games 2022 di Solo, disebut tidak ada kendala berarti.

 Menpora Zainudin Amali (kiri) memimpin rapat persiapan ASEAN Para Games Solo di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (25/5/2022). (Antara/HO-Kemenpora)

SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali (kiri) memimpin rapat persiapan ASEAN Para Games Solo di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (25/5/2022). (Antara/HO-Kemenpora)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyampaikan empat poin penting dalam persiapan Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 di Solo, pada 20-31 Juli 2022.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5/2022), Menpora menyampaikan poin pertama adalah dari sisi payung hukum yang menjadi dasar dalam penyelenggaraan pesta olahraga disabilitas se-Asia Tenggara tersebut.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Kedua dari sisi penganggaran, ketiga dari sisi kesiapan infrastruktur, dan keempat dari sisi teknis penyelenggaraan,” ujar Menpora saat memimpin rapat persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Rapat kali ini dihadiri Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia Senny Marbun dan perwakilan dari Kementerian terkait antara lain Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, dan Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga: Mulai Dijual Kamis Siang, Ini Daftar Harga Tiket Indonesia Open 2022

Dalam kesempatan ini, Menpora berharap Indonesia sebagai tuan rumah mampu menjadi tuan rumah yang baik, meski secara persiapan tergolong singkat.

“Kita sudah punya pengalaman menyelenggarakan ini. Semoga dengan pengalaman tersebut, kita bisa menyelesaikan berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum kita melakukan kegiatan,” kata Menpora.

Sementara itu, Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun, bersyukur karena Presiden Joko Widodo dan Menpora Amali menindaklanjuti usulan menjadikan Indonesia tuan rumah ASEAN Para Games setelah Filipina pada 2019 dan Vietnam 2022 tidak menyelenggara ajang tersebut.

Baca Juga: Jadwal Grup F Piala Asia U-20: Dibuka dengan Indonesia Vs Timor Leste

Padahal ASEAN Para Games biasanya diselenggarakan setelah SEA Games dengan tuan rumah yang sama. “Luar biasa Pak Presiden menerima usulan saya, Pak Jokowi mengatakan memang ini adalah keinginan seluruh masyarakat difabel se-ASEAN,” ujar Senny.

Terkait persiapan ASEAN Para Games 2022 di Solo, Senny memastikan tidak ada kendala berarti. Persiapan infrastruktur sedang dilakukan renovasi oleh kementerian terkait.

Sementara Peraturan Presiden (Perpres) tengah digodok di Kementerian Hukum dan HAM, secepatnya akan diterbitkan sebagai payung hukum kegiatan. “Kalau kesiapan negara-negara peserta, mereka sudah siap datang ke sini dan sangat ingin sekali bertanding di Indonesia,” kata Senny.

Baca Juga: Final Liga Champions: Van Dijk Tegaskan Dalam Kondisi Bugar

Untuk Indonesia sendiri, Senny memastikan bahwa atlet sudah siap bertanding menorehkan prestasi baik itu atlet Pelatnas sebelumnya maupun sejumlah atlet yang memecahkan rekor di Peparnas XVI Papua.

Dia pun meminta Menpora untuk melakukan review kembali atlet pelatnas NPC di Solo.

“Tiga pekan yang lalu atlet yang belum direview sudah saya panggil ke Solo. Mereka adalah yang tampil pada PON Papua dan memiliki rekor bagus,” katanya.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Legenda Sepak Bola Brasil Ronaldinho Siap Bermain untuk RANS Nusantara

Ronaldinho didatangkan RANS Nusantara FC untuk peluncuran jersey dan laga trofeo melawan Arema FC dan Persik Kediri.

PSIS 5-2 PSS: Suporter Semarang Langsung Pulang, Sleman Tunggu Sejam

Suporter PSS Sleman BCS harus menunggu sejam di Stadion Manahan Solo sebelum pulang ke Sleman.

PSIS vs PSS, Stadion Manahan Solo pun Full Biru-Hitam

Suporter PSIS Semarang dan PSS Sleman memadati Stadion Manahan Solo saat kedua tim bertanding di Piala Presiden 2022.

Begini Skenario Persis Solo Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022

Berikut hitung-hitungan atau skenario Persis Solo agar bisa lolos ke perempat final Piala Presiden 2022.

Klasemen Grup A Piala Presiden Setelah Persis Ditahan Dewa United

Berikut klasemen terbaru Grup A Piala Presiden 2022 setelah PSIS menaklukan PSS 5-2 dan Persis Solo ditahan imbang Dewa United FC 1-1.

Bos Persis: Jadikan Pelajaran, Tatap Laga 1!

Aga Thohir meminta hasil minor yang diperoleh Persis Solo menjadi pembelajaran bagi tim untuk menatap Liga 1 mendatang.

Josss! Kalahkan PSS Sleman 5-2, PSIS Juara Grup A

PSIS Semarang memastikan lolos ke perempat final Piala Presiden 2022 setelah mengalahkan PSS Sleman dengan skor 5-2 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (24/6/2022).

Nil Maizar: Seluruh Tim Masih Punya Peluang Lolos Grup A

Seluruh tim yang ada di Grup A masih berpeluang untuk lolos ke 8 besar tergantung hasil pertandingan PSIS vs PSS Sleman

Persis Imbang Lagi, Ini Permintaan Maaf Irfan Jauhari

Winger Persis Solo Irfan Jauhari meminta maaf kepada suporter karena gagal membawa tiga poin dalam laga ketiga Grup A Piala Presiden 2022.

Jacksen Tak Risaukan Hasil Minor dalam Turnamen Pramusim

Menurut Jacksen, dirinya memiliki 35 pemain sehingga turnamen pramusim menjadi ajang untuk mencari komposisi terbaik.

Seru! Babak Pertama Banjir Gol, PSIS Ungguli PSS 3-1

PSIS Semarang untuk sementara unggul atas PSS Sleman pada babak kedua laga lanjutan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (24/6/2022).

Hasil Persis Minor, Jacksen Acak Formasi demi Skuat Terbaik

Jacksen mengakui sengaja mengacak formasi pemain untuk mendapatkan komposisi terbaik menuju Liga 1 mendatang.

Kecewa Permainan Persis Solo, Suporter Bokongi Lapangan

Saat pemain dan ofisial Persis Solo menyanyikan anthem Satu Jiwa, ribuan suporter di tribun malah membokongi lapangan.

Fortes, Marukawa & Jonathan Starter, Ini Susunan Pemain PSIS kontra PSS

Ini dia daftar susunan pemain PSIS Semarang kontra PSS Sleman pada laga Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (24/6/2022) malam.

Persis Vs Dewa United Hanya Disaksikan 5.413 Penonton

Dalam laga penentuan Persis Solo versus Dewa United, Jumat (24/6/2022), suporter yang hadir langsung ke Stadion Manahan hanya 5.413 orang.

Piala Presiden 2022: Persis Solo Ditahan Imbang Dewa United 1-1

Persis Solo kembali gagal meraih kemenangan dalam laga Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, setelah ditahan 1-1 Dewa United.