SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengambilan spesimen virus corona. (Reuters/Edgar Su)

Solopos.com, MADIUN -- Empat warga Kota Madiun, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu (30/8/2020), sehingga saat ini total kasus corona mencapai 78 orang.

Kepala Diskominfo Kota Madiun, Subakri, mengatakan ada tambahan empat kasus baru positif Covid-19 dalam satu hari kemarin.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kasus Covid-19 pertama Kota Madiun yaitu laki-laki berusia 24 tahun dari Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo. Kasus nomor 75 berinisial DHP ini merupakan kontak erat kasus nomor 70.

"Pasien ini sempat mengalami keluhan tidak anak badan dan nyeri tenggorokan. Namun gejala mulai membaik setelah mengonsumsi obat herbal," jelas dia di Madiun, Senin (31/8/2020).

Tiap Hari Ada Penambahan Kasus Covid-19 Di Solo, Bed Isolasi Hanya Terisi 25%

Sebelumnya, pasien ini menjalani skrining rapid test massal pegawai setelah ada kasus konfirmasi Covid-19 di perusahaan tempatnya bekerja.

Setelah dua kali dilakukan rapid test, hasilnya reaktif sehingga dilanjutkan dengan pemeriksaan tes swab dan hasilnya positif Covid-19. Pasien kini menjalani isolasi mandiri dengan kondisi tanpa gejala.

Kasus kedua yaitu laki-laki berusia 55 tahun dari Kelurahan Nambangan Kidul, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Pasien berinisial D ini merupakan kontak kasus konfirmasi Covid-19 nomor 39, 43, dan nomor 61.

Menjalani Rapid Test Ulang

Pasien D ini juga sempat mengalami keluhan demam, batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan. Pasien ini pun memeriksakan diri ke klinik kantor. Namun, hasil rapid test Covid-19 menunjukkan non-reaktif.

"Setelah ada staf di kantor ada yang dinyatakan positif. Pasien yang menjadi kontak erat kasus kemudian menjalani rapid test ulang dengan hasil reaktif. Kemudian pasien ini dirujuk di rumah sakit di Kabupaten Madiun. Hasil tes swab positif," jelas dia.

Judi Sabung Ayam di Sragen Digerebek, Pemain & Penonton Kabur Tapi 28 Motor Ditinggal

Kasus Covid-19 ketiga, kata Bakri, yaitu laki-laki berusia 56 tahun dari Kelurahan Taman, Kecamatan Taman. Pasien berinisial DK ini merupakan kontak erat kasus konfirmasi Kabupaten Magetan.

Setelah ada kasus konfirmasi di kantor tempatnya bekerja, seluruh pegawai dilakukan tes swab. Pasien ini kemudian dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, DK ini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kasus keempat, yaitu seorang laki-laki berusia 53 tahun dari Kelurahan Taman, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Pasien berinisial GAB ini sempat mengeluh batuk, sesak napas, lemas, dan tidak nafsu makan beberapa hari yang lalu. Kemudian dia memeriksakan diri ke salah satu klinik kesehatan di Kota Madiun.

"Pasien ini juga sudah diberi obat sesuai gejala. Tetapi kondisi kesehatannya belum membaik. Hingga akhirnya pasien dirujuk ke rumah sakit," ujar Bakri.

Datangi Polsek Baki, Keluarga Korban Pembunuhan Sadis di Duwet Sampaikan Ini

Setelah dilakukan tes swab, pasien yang pekerjaannya harus keliling Kota Madiun itu terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini pasien menjalani isolasi di RSUD dr. Soedono Madiun.

Dengan adanya penambahan empat pasien itu, sehingga total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun sebanyak 78 orang. Sebanyak 46 pasien di antaranya sembuh dan dua pasien meninggal dunia.

Sedangkan 30 orang positif Covid-19 masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya