SOLOPOS.COM - Salah satu atlet muda menakklukkan rute di Climbing Wall Center FPTI Surabaya, Kamis (3/11/2022) di Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022. (Antara/HO-Diskominfo Surabaya)

Solopos.com, SURABAYA – Sebanyak 370 atlet muda dari seluruh wilayah Indonesia bertanding dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022 yang digelar di Climbing Wall Center FPTI Surabaya pada 3-5 November 2022.

“Upaya ini diharapkan dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih, serta mencetak bibit-bibit unggul atlet panjat tebing yang dapat mengharumkan nama Indonesia di masa depan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati saat membuka Kejurnas di Surabaya, Kamis (3/11/2022).

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Kejurnas yang diprakarsai FPTI Surabaya bersama Disbudporapar Surabaya tersebut dihelat rutin setiap tahun. Ratusan atlet panjat tebing tersebut akan bersaing menjadi yang terbaik sekaligus memperbutkan total hadiah Rp64.800.000.

Wiwiek menyampaikan, Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022 menjadi salah satu sarana pembinaan dan regenerasi atlet-atlet panjat tebing di Tanah Air.

Menurut dia, Pemerintah Kota Surabaya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya dan pengurus kota Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) serta seluruh pihak yang telah mendukung Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022.

Baca Juga:  Melesat! Indonesia Sapu Bersih Medali Nomor Speed Putri Panjat Tebing Asia 2022

Dia juga menyatakan, Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya tahun 2022 ini menunjukkan komitmen bersama dalam mengembangkan cabang olahraga panjat tebing di Indonesia. Untuk itu, lanjut dia, melalui Kejurnas ini pihaknya meyakini, panjat tebing Indonesia akan semakin berjaya ke tingkat Internasional.

“Insya Allah, saya yakin, dengan semangat dan kerja sama seluruh elemen, olahraga panjat tebing Indonesia akan semakin berjaya hingga ke tingkat Internasional,” kata dia.

Wiwiek juga berpesan kepada seluruh ofisial dan para peserta agar mereka tetap menjaga sportivitas di sepanjang pertandingan. “Di dalam lapangan kita boleh bersaing secara adil. Namun di luar lapangan, kita adalah keluarga besar sebangsa dan setanah air,” ujar dia.

Baca Juga: Aspar Jaelolo Buktikan Indonesia Memang Raja Speed Panjat Tebing Dunia

Kejurnas Panjat Tebing Piala Wali Kota Surabaya Tahun 2022 ini diikuti sebanyak 370 atlet dari seluruh wilayah Indonesia, di antaranya dari Kalimantan Timur (Kaltim), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Barat, Jakarta, dan khususnya dari Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kejurnas ini terbagi dalam beberapa kategori yakni Lead Perorangan Junior, Youth A, B, C, D Putra dan Putri (se-Indonesia). Lalu, Lead Beregu U12, U15 Putra dan Putri (se-Surabaya). Kemudian, Lead Perorangan Youth E (usia 7-9 tahun) Putra dan Putri (ekshibisi, se-Indonesia) dan Lead Perorangan Umum Putra dan Putri (se-Indonesia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya