SOLOPOS.COM - Atlet panjat tebing asal Slovenia, Janja Garnbret, berhasil memanjat mencapai puncak pada final kategori lead putri Piala Dunia Panjat Tebing 2022 IFSC Seri Jakarta di kawasan SCBD, Jakarta, Senin (26/9/2022). Janja Garnbret meraih medali emas. (Antara/Hafidz Mubarak A)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), Marco Maria Scolaris, memuji penyelenggaraan Piala Dunia Panjat Tebing 2022 yang telah terlaksana di Kawasan SCBD, Jakarta, 24-26 September 2022.

Scolaris menilai ajang Piala Dunia Panjat Tebing yang untuk kali pertama digelar di Indonesia itu merupakan kelanjutan kesuksesan Asian Games 2018 ketika cabang olahraga tersebut mendapat sambutan meriah dari para penggemar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya kira tak cuma saya, bagi atlet dan ofisial yang tampil di sini takjub dengan arena pertandingan di tengah gedung pencakar langit dan jantung kota Jakarta. Fantastis dan kolaborasi yang bagus antara IFSC, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI), pemerintah, dan sektor swasta,” kata Scolaris dalam pernyataan resmi di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Tak hanya memuji arena pertandingan, Scolaris juga takjub dengan talenta atlet Indonesia yang tampil mengesankan bagaikan pahlawan yang menjadi kebanggaan publik tuan rumah.

Baca Juga: Indonesia Raih Sukses Ganda dalam Penyelenggaraan IFSC Climbing World Cup 2022

“Atlet Indonesia luar biasa. Sebagai federasi internasional, kami bangga pahlawan lokal tampil bagus dan membanggakan pendukung tuan rumah. Indonesia dalam trek yang benar dalam membentuk tim panjat tebing yang kuat,” ujar Scolaris.

Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo menjadi juara umum kategori speed Piala Dunia Panjat Tebing 2022 setelah mengumpulkan 4.455 poin, termasuk hasil dari kemenangan dia pada dua seri kejuaraan di di Seoul, Korea Selatan pada 6-8 Mei dan Salt Lake City, Amerika Serikat pada 27-29 Mei 2022.

Baca Juga: Herry IP Akui Tidak Lagi Latih Kevin Sanjaya di Pelatnas, Ini Penyebabnya

Indonesia bahkan kembali menunjukkan dominasinya pada seri Jakarta, yang menjadi seri penutup rangkaian Piala Dunia Panjat Tebing 2022. Medali emas diraih oleh Aspar Jaelolo yang memenangi Indonesian Final melawan Kiromal Katibin pada perlombaan nomor speed putra, akhir pekan lalu.

Sementara itu, di nomor lead untuk kali pertama, Indonesia mampu menembus final Piala Dunia melalui Raviandi Ramadhan yang finis di posisi kedelapan dalam debutnya di pentas internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya