Aspar Jaelolo Buktikan Indonesia Memang Raja Speed Panjat Tebing Dunia

Aspar Jaelolo bersaing ketat dengan rekan senegaranya, Kiromal Katibin di nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2022.

 Atlet panjat tebing Indonesia, Aspar Jaelolo (kanan), beradu cepat dengan rekan senegaranya, Kiromal Katibin (kiri), dalam final nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2022 IFSC Seri Jakarta di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

SOLOPOS.COM - Atlet panjat tebing Indonesia, Aspar Jaelolo (kanan), beradu cepat dengan rekan senegaranya, Kiromal Katibin (kiri), dalam final nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2022 IFSC Seri Jakarta di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA – Pemanjat tebing Indonesia, Aspar Jaelolo, memastikan medali emas nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2022 Seri Jakarta seusai memenangi All-Indonesian Final melawan Kiromal Katibin di Lot 16-17 SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9/2022). Kemenangan Aspar ini kian membuktikan bahwa Indonesia memang rajanya nomor speed panjat tebing dunia.

Atlet panjat tebing telah berkali-kali menjadi yang terbaik di level dunia dalam kejuraan yang digelar di berbagai negara.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Semantara itu, pada Piala Dunia Panjat Tebing 2022 ini, dua atlet Indonesia, Aspar dan Katibin bersaing ketat pada partai puncak. Hingga mendekati puncak, Katibin melakukan kesalahan sehingga terpeleset.

Kondisi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Aspar, hingga akhirnya keluar sebagai pemenang setelah di final mencatatkan waktu 5,39 detik. Sementara Katibin dengan 5,75 detik.

“Persaingan sangat ketat. Saya mempersiapkan diri dengan baik untuk turun di ajang ini. Hasil ini luar biasa karena saya telah menunggu lama dan sempat cedera. Medali emas ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia,” kata Aspar seusai laga dikutip dari Antara.

Dalam perjalanannya, Aspar memang tampil apik sejak awal. Dia mengawali ajang ini dengan mencatatkan waktu 5,24 detik pada babak kualifikasi. Hasil tersebut membuatnya lolos dengan berada di tempat ketiga menuju babak 16 besar.

Baca Juga: Piala Dunia Panjat Tebing 2022 Dibuka Menpora, Mimpi Indonesia Jadi Kenyataan

Kemudian di fase ini, Aspar mencatatkan waktu 5,39 detik mengalahkan wakil Amerika Serikat (AS), Noah Bratschi, yang menyelesaikan lomba dengan 6,41 detik.

Aspar lantas mencetak waktu 5,27 detik di babak perempat final untuk menyisihkan sesama wakil Indonesia Raharjati Nursamsa yang membukukan waktu 5,30 detik.

Performa apik Aspar berlanjut di semifinal dengan catatan wakatu 5,31 detik demi mengalahkan wakil China, Jinbao Long, dengan 5,81 detik.

Bagi Aspar, ini merupakan kali pertama menjadi pemenang sebuah seri Piala Dunia Panjat Tebing IFSC sepanjang musim 2022. Sebelumnya, dia finis di urutan ketiga dalam Seri Chamoix di Prancis, pada 10 Juli lalu.

Baca Juga: Tampil di IBL 3×3 Basketball Solo, Begini Kesan Pemain West Bandits

Adapun untuk perunggu diraih wakil China Long Cao yang mengalahkan rekan senegaranya Jinbao Long.

Sedangkan pada nomor speed putri, emas diraih wakil China Lijuan Deng setelah di final membukukan 6,66 detik mengalahkan pemanjat tebing Polandia Natalia Kalucka dengan 7,20 detik.

Perunggu menjadi milik Aleksandra Kalucka yang mengalahkan wakil China Di Niu.

Baca Juga: Profil Paulo Gomes: Pelatih yang Ramai Dibicarakan akan Tangani Persis Solo

Adapun wakil Indonesia terbaik di bagian putri adalah Narda Mutia Amanda dan Nurul Iqamah yang mampu bertahan hingga perempat final.

Langkah Mutia terhenti usai kalah dari Lijuan Deng. Sementara Nurul kalah dari atlet Polandia Aleksandra Kalucka. IFSC World Cup Jakarta 2022 masih menyisakan perlombaan kategori lead yang akan mulai bergulir, Minggu (25/9/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Inggris Bantai Senegal 3-0!

      Inggris menang besar 3-0 melawan Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor.

      Daftar Top Skor Piala Dunia 2022, Mbappe Kembali ke Puncak

      Kylian Mbappe kembali memuncaki daftar pencetak gol terbanyak atau top skor Piala Dunia 2022.

      Hasil Piala Dunia 2022: Hajar Polandia 3-1, Prancis Mantap ke Perempat Final

      Prancis melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022 dengan mantap setelah  menyingkirkan Polandia 3-1 pada babak 16 besar di Al Thumama Stadium Doha.

      Prediksi Skor Inggris Vs Senegal di Piala Dunia 2022: Akan Ada Kejutan!

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia FIFA 2022 antara Inggris dan Senegal.

      Dominasi Permainan, Prancis Atasi Polandia 1-0 di Babak Pertama

      Prancis mengalahkan Polandia 1-0 pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium Doha

      Susunan Pemain Prancis vs Polandia: Ngeri, Les Bleus Kerahkan 4 Penyerang

      Prancis menurunkan empat penyerang melawan Polandia pada pertandingan ketiga babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium Doha.

      Skenario 16 Besar Inggris vs Senegal: Three Lions Haus Gol

      Laga Inggris vs Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022 bakal menjadi ajang ketajaman para penyerang Inggris.

      Prediksi Skor Prancis Vs Polandia di Piala Dunia 2022: Juara Bertahan Menggila

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia FIFA 2022 antara Prancis dan Polandia.

      Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Inggris vs Senegal Main Pukul 02.00 WIB

      Laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Inggris vs Senegal pada dini hari nanti bisa diakses melalui live streaming.

      Data dan Fakta Menarik Jelang 16 Besar Inggris vs Senegal

      Data dan fakta Inggris vs Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor.

      Skenario 16 Besar Prancis vs Polandia: Adu Tajam Mbappe vs Lewandowski

      Adu tajam Kylian Mbappe vs Robert Lewandowski menjadi skenario laga Prancis vs Polandia di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

      Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Prancis vs Polandia Main Pukul 22.00 WIB

      Laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Polandia pada malam hari nanti bisa diakses melalui klik link live streaming.

      Data dan Fakta Menarik Jelang 16 Besar Prancis vs Polandia

      Data dan fakta babak 16 besar Piala Dunia 2022 Prancis vs Polandia di Al Thumama Stadium Doha.

      Mainkan Laga ke-1000, Messi Cetak Gol Lagi hingga Lewati Rekor Ronaldo

      Lionel Messi mencetak rekor pertandingan ke-1000 sepanjang kariernya di sepak bola saat berlaga pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Australia

      Daftar Top Skor Piala Dunia 2022, Messi ke Papan Atas

      Gol Lionel Messi ke gawang Australia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 membuat kapten Argentina itu langsung menyodok ke papan atas dalam daftar top skor sementara Piala Dunia 2022.