SOLOPOS.COM - Atlet panjat tebing Indonesia, Aspar Jaelolo (kanan), beradu cepat dengan rekan senegaranya, Kiromal Katibin (kiri), dalam final nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2022 IFSC Seri Jakarta di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA – Pemanjat tebing Indonesia, Aspar Jaelolo, memastikan medali emas nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2022 Seri Jakarta seusai memenangi All-Indonesian Final melawan Kiromal Katibin di Lot 16-17 SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9/2022). Kemenangan Aspar ini kian membuktikan bahwa Indonesia memang rajanya nomor speed panjat tebing dunia.

Atlet panjat tebing telah berkali-kali menjadi yang terbaik di level dunia dalam kejuraan yang digelar di berbagai negara.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Semantara itu, pada Piala Dunia Panjat Tebing 2022 ini, dua atlet Indonesia, Aspar dan Katibin bersaing ketat pada partai puncak. Hingga mendekati puncak, Katibin melakukan kesalahan sehingga terpeleset.

Kondisi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Aspar, hingga akhirnya keluar sebagai pemenang setelah di final mencatatkan waktu 5,39 detik. Sementara Katibin dengan 5,75 detik.

Ekspedisi Mudik 2024

“Persaingan sangat ketat. Saya mempersiapkan diri dengan baik untuk turun di ajang ini. Hasil ini luar biasa karena saya telah menunggu lama dan sempat cedera. Medali emas ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia,” kata Aspar seusai laga dikutip dari Antara.

Dalam perjalanannya, Aspar memang tampil apik sejak awal. Dia mengawali ajang ini dengan mencatatkan waktu 5,24 detik pada babak kualifikasi. Hasil tersebut membuatnya lolos dengan berada di tempat ketiga menuju babak 16 besar.

Baca Juga: Piala Dunia Panjat Tebing 2022 Dibuka Menpora, Mimpi Indonesia Jadi Kenyataan

Kemudian di fase ini, Aspar mencatatkan waktu 5,39 detik mengalahkan wakil Amerika Serikat (AS), Noah Bratschi, yang menyelesaikan lomba dengan 6,41 detik.

Aspar lantas mencetak waktu 5,27 detik di babak perempat final untuk menyisihkan sesama wakil Indonesia Raharjati Nursamsa yang membukukan waktu 5,30 detik.

Performa apik Aspar berlanjut di semifinal dengan catatan wakatu 5,31 detik demi mengalahkan wakil China, Jinbao Long, dengan 5,81 detik.

Bagi Aspar, ini merupakan kali pertama menjadi pemenang sebuah seri Piala Dunia Panjat Tebing IFSC sepanjang musim 2022. Sebelumnya, dia finis di urutan ketiga dalam Seri Chamoix di Prancis, pada 10 Juli lalu.

Baca Juga: Tampil di IBL 3×3 Basketball Solo, Begini Kesan Pemain West Bandits

Adapun untuk perunggu diraih wakil China Long Cao yang mengalahkan rekan senegaranya Jinbao Long.

Sedangkan pada nomor speed putri, emas diraih wakil China Lijuan Deng setelah di final membukukan 6,66 detik mengalahkan pemanjat tebing Polandia Natalia Kalucka dengan 7,20 detik.

Perunggu menjadi milik Aleksandra Kalucka yang mengalahkan wakil China Di Niu.

Baca Juga: Profil Paulo Gomes: Pelatih yang Ramai Dibicarakan akan Tangani Persis Solo

Adapun wakil Indonesia terbaik di bagian putri adalah Narda Mutia Amanda dan Nurul Iqamah yang mampu bertahan hingga perempat final.

Langkah Mutia terhenti usai kalah dari Lijuan Deng. Sementara Nurul kalah dari atlet Polandia Aleksandra Kalucka. IFSC World Cup Jakarta 2022 masih menyisakan perlombaan kategori lead yang akan mulai bergulir, Minggu (25/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya