3 Lokomotif dan 15 Kereta Bikinan Inka Meluncur ke Filipina
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) melepas pengiriman lokomotif dan kereta penumpang produksi PT Inka, Sabtu (12/12/2020). (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN -- PT Industri Kereta Api atau Inka mengirim tiga lokomotif dan 15 kereta penumpang ke Filipina, Sabtu (12/12/2020), dari Tanjung Perak Surabaya.

Pengiriman kereta bikinan Inka tersebut dilepas oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro, Irjen Kemenhub Gede Pasek, serta Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufik Bawazir.

Dirut PT Inka, Budi Noviantoro, mengatakan PT Inka telah berhasil mendapatkan pesanan dari Filipina yaitu enam trainset Diesel Multi Unit (DMU), tiga lokomotif, dan 15 kereta penumpang.

Antisipasi Lonjakan, Ritel Modern Soloraya Batasi Jumlah Pengunjung

“Ke depan, Inka akan terus bersaing di pasar dunia khususnya sektor perkeretaapian,” kata dia dalam siaran pers yang dikutip Selasa (15/12/2020).

Budi menilai potensi di negara Afrika dengan sumber daya alamnya akan sejalan dengan industri perkeretaapian. Untuk itu, saat ini SDM bangsa harus diperkuat untuk menyongsong persaingan industri dunia mendatang.

Pengiriman tiga lokomotif dan 15 kereta penumpang itu merupakan kelanjutan dari kontrak pengadaan senilai 25 juta USD atau sekitar Rp300 miliar.

Mengalahkan Negara Lain

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan ekspor ini menjadi bukti perusahaan dalam negeri bisa bersaing di pasar internasional mengalahkan negara lain seperti China dan Jepang.

“Kita patut bangga bahwa hari ini PT Inka mampu mengekspor ke Filipina. Diharapkan success story-nya bisa diadopsi para UKM UKM untuk menyasar pasar ekspor,” jelas dia.

Lezatnya Bolu Susu, Janjikan Keuntungan 75%

Lebih lanjut, Khofifah menambahkan kesuksesan ekspor Inka ke banyak negara diharapkan memberi dampak terhadap penguatan SDM anak negeri di Jatim, khususnya perguruan tinggai seperti ITS dan politeknik di Madiun.

“SDM kita harus terus disiapkan guna menyambut pasar ekspor yang sudah ada di depan mata. Semoga seluruh program inovasi, kreativitas, dan improvement dari PT Inka tetap bisa di-support SDM dalam negeri, khususnya karya anak bangsa dari Jawa Timur," jelas Gubernur.

Dukung Kebijakan Karantina Pemudik Solo, Bandara dan Stasiun Siapkan Titik Penjemputan



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom