Kategori: Karanganyar

23 Fasyankes di Karanganyar Bakal Layani Vaksinasi Covid-19


Solopos.com/Candra Mantovani

Solopos.com, KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar saat ini sedang menyiapkan 23 fasilitas pelayanan kesehatan alias fayankes untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang direncanakan pada 2021.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Karanganyar, Warsito, kepada Solopos.com, Kamis (24/12/2020). Dia mengatakan fayankes yang disiapkan antara lain berada di 21 Puskesmas di seluruh Karanganyar dan dua rumah sakit.

3 Hari Kenal di Facebook, Sekali Kencan Pelajar Ini Diperkosa di Dekat Tol Karanganyar

Kedua rumah sakit yang ditunjuk untuk proses pelaksanaan pemberian vaksin ada di RSAU dr Siswanto Lanud Adi Soemarmo dan RSUD Karanganyar.

“Kami pilih karena 21 Puskesmas itu sebelumnya sudah menerima pelatihan sebagai vaksinator. Total semuanya ada 23 fayankes. Seluruh puskesmas di Karanganyar dan di RSAU dan RSUD Karanganyar,” jelas dia.

Terkait rencana pelaksanaan, Warsito menjelaskan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat. Hal tersebut termasuk kuota jumlah vaksin yang diterima untuk Kabupaten Karanganyar masih belum diinfokan ke Dinkes Karanganyar.

Sehari, Kasus Covid-19 Solo Melonjak 117 Orang, 7 Meninggal

Data Penerima Vaksin

Namun, menurutnya terdapat perbedaan data untuk penerima vaksin yang mengacu dari data pemerintah pusat.

“Jadi tidak menggunakan data dari Puskesmas seperti yang kemarin. Datanya langsung dari pusat. Sumber data dari mana saya belum tahu, entah dari BPS atau dari mana kami belum memastikan,” imbuh dia.

Sebelumnya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, memastikan dirinya sebagai penerima pertama vaksin Covid-19 di Karanganyar.

Pemkab Wonogiri Tak Wajibkan Pemudik Bawa Hasil Rapid Tes Antigen, Kenapa?

Dia melakukan hal tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mau menerima vaksin Covid-19 dan menanggapi dengan positif keberadaan vaksin tersebut.

“Saya pastikan nanti saat pelaksanaan vaksin, saya, Juliyatmono, yang menerimanya pertama kali. Saya harap masyarakat bisa menyambut vaksin ini dengan positif agar kedepannya bisa lebih sehat dan lebih baik,” beber dia.

Kepala Puskesmas Colomadu II, Ririn Nurliyani, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tempat penyimpanan untuk distribusi vaksin Covid-19. Tempat penyimpanan diklaim bisa menyimpan hingga 2.000 dosis vaksin.

“Sudah ada tempat penyimpanan [vaksin]. kami hanya menunggu informasi lanjutan saja. Petugas vaksinator juga sudah ada. Kemarin sudah mendapatkan pelatihan,” beber dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita